Breaking News

Diketahui harga roti adalah Rp10.000, 00,harga es jeruk adalah Rp5.000,00, dan uang saku viki adalah Rp30.000,00. jika menjelang akhir tahun roti dijual dengan harga Rp5.000,00, maka yang akan terjadi pada garis anggaran viki adalah

Jawaban: garis anggaran Viki akan berotasi ke arah luar dengan titik poros di sumbu minumannya akibat adanya penurunan harga rotinya.

Pembahasan:
Garis anggaran atau budget line terdapat dua jenis yaitu:
1, Garis anggaran berotasi ke arah luar, yaitu garis anggaran yang menjauhi titik asalnya. Hal ini terjaid karena salah satu barang mengalami penurunan harga.

  1. Garis anggaran berotasi ke arah dalam, yaitu garis anggaran yang mendekati titik asalnya. Hal ini terjaid karena salah satu barang mengalami kenaikan harga.

Berdasarkan ilustrasi soal, maka harga roti yang mula-mula harganya Rp10.000,00 namun kemudian mengalami penurunan menjadi Rp5.000,00 akan mengakibatkan garis anggaran Viki akan berotasi ke arah luar dengan titik poros di sumbu minumannya akibat adanya penurunan harga rotinya.

Oleh karena itu, jawabannya adalah garis anggaran Viki akan berotasi ke arah luar dengan titik poros di sumbu minumannya akibat adanya penurunan harga rotinya.