Breaking News
Cara Membuat Box Speaker Bass

Cara Membuat Box Speaker Bass

Beritaharianku.com – Cara Membuat Box Speaker Bass, Box speaker merupakan salah satu elemen pada sistem suara yang memang keberadaannya sangatlah penting.

Dengan adanya box speaker ini, maka suara yang dihasilkan bisa sampai ke telinga kita. Itu sebabnya, box speaker memang banyak digunakan untuk beberapa alat musik, salah satunya bass.

Kegunaan dari box speaker adalah untuk mengatur suara yang diproduksi oleh loudspeaker. Sehingga nantinya mencegah suara yang keluar dari diafragma belakang menyebar.

Biasanya, setiap tipe dari box speaker akan berpengaruh terhadap cara menangani gelombang belakang ini. Itu sebabnya, sebelum membuatnya, kamu harus tau beberapa tipenya terlebih dahulu.

Nah, sebenarnya untuk bisa paham terhadap cara membuat box speaker bass, tentunya kamu harus tau terlebih dahulu apa saja yang perlu diperhatikan.

Nantinya, setelah paham mengenai beberapa hal tersebut, maka akan lebih mudah untuk membuat box speaker bass. Adapun beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Cara Membuat Box Speaker Bass

Jenis Box

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis box speaker-nya. Di mana, ada banyak sekali jenis box speaker yang biasanya dibuat. Banyaknya jenis box ini tentu dipengaruhi oleh tingkat kreativitas setiap orang. Beberapa jenis box speaker yang bisa kita temui adalah hogscoop, mini scoop, planar horn dan lain sebagainya.

Namun, meskipun ada banya sekali jenis dari box speaker ini, tetap saja cara membuat box speaker bass mengacu pada tipe dasarnya.

Tipe dasar dari box speaker adalah tertutup (sealed) dan terbuka (ported). Kedua tipe dasarnya ini tentu saja menghasilkan karakter suara yang berbeda-beda.

Seperti misalnya pada tipe tertutup, maka suara yang dihasilkan pun akan asli, karena memang kedap suara. Biasanya, tipe box speaker ini jarang digunakan di lapangan, sebab membutuhkan daya yang lebih besar.

Sementara itu, untuk tipe terbuka menghasilkan suara bisa berubah-ubah. Biasanya, pada tipe terbuka seperti ini, kamu bisa menyesuaikan suara yang dihasilkannya. Pada tipe terbuka, tidak dibutuhkan daya amplifier yang lebih besar.

Volume

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara membuat box speaker bass adalah volume dari box speaker itu sendiri. Di mana memang volume dari box ini tidaklah baku.

Melainkan semakin besar box-nya, maka gain suara low yang direproduksi akan semakin besar. Namun, tentu saja ada beberapa pertimbangan tertentu yang perlu diperhatikan agar bisa menghasilkan karakter yang diinginkan.

Untuk menghitung volume box speaker, maka kamu perlu menggunakan software tertentu. Software ini nantinya berguna untuk menentukan gain frekuensi rendah yang bisa dihasilkan.

Meskipun begitu, pengujian secara live harus tetap dilakukan. Untuk cara mengujinya sendiri, hanya perlu mengurangi volume sedikit demi sedikit, hingga akhirnya menemukan karakter suara yang diinginkan.

Bahan Pembuatan

Bahan pembuatan juga penting untuk diperhatikan dalam cara membuat box speaker bass. Di mana, bahan ini perlu diperhatikan terkait masalah bobot dan ketahanan.

Untuk bisa menahan getar dengan baik, maka bahan yang digunakannya pun haruslah tebal. Biasanya, triplek merupakan bahan yang umum untuk digunakan pada pembuatan box speaker ini. Triplek sendiri termasuk kuat dalam menahan getaran. Selain itu, harganya relatif terjangkau dan bobotnya ringan.

Selain triplek, papan kayu juga bisa digunakan untuk pembuatan box speaker. Papan kayu sendiri memiliki kualitas lebih baik dalam menahan getaran. Selain itu, papan kayu juga tahan air. Sehingga memang memiliki jangka waktu yang panjang.

Ukuran Lubang Angin

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara membuat box speaker bass adalah lubang angin. Biasanya, lubang angin ini diperlukan untuk box dengan tipe terbuka (ported).

Kegunaan lubang angin pada box tipe ini adalah untuk meresonansi suara bass yang dihasilkan oleh diafragma belakang, sehingga bisa menjadi lebih keras. Besar kecil dari lubang angin ini bisa mempengaruhi karakter suara bass yang nantinya direproduksi.

Biasanya, semakin besar lubang angin, maka semakin kencang juga getaran daun speaker. Hanya saja, nada bass yang nantinya keluar akan semakin pendek.

Jika sebaliknya, maka nada bass yang dikeluarkan akan semakin peka. Nah, untuk lubang angin sendiri, kamu bisa mengacu pada ukuran standar yang sudah disediakan. Di mana, untuk speaker 12” slot port 6 cm, speaker 15” slot port 8 cm, dan speaker 18” slot port, 10 cm.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat box speaker bass. Tentu saja, setelah mengetahui beberapa hal di atas, maka akan lebih mudah lagi bagi kamu untuk mendesain box speaker sesuai dengan kreativitas sendiri. Kamu bisa memodifikasi tipe dasar dari box speaker sesuai dengan keinginan.

Pencarian berdasarkan kata kunci cara bikin lobang angin subwoofer

Leave a Reply

Your email address will not be published.