4 Tips untuk Membangun Portofolio Saham yang Sukses

Menavigasi labirin keuangan saham, obligasi, dan reksa dana bisa jadi menantang. American Century Investments memberikan saran berikut untuk membekali Anda dengan pengetahuan teknis guna membangun portofolio yang menguntungkan.

1. Ketahui tujuan anda.

Pertimbangkan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk pendidikan atau pensiun anak Anda. Apapun visi Anda untuk masa depan, tentukan tujuan Anda dan kembangkan rencana konkret untuk mencapainya.

2. Tentukan horison waktu investasi Anda.

Jika Anda tidak berencana untuk pensiun dalam waktu dekat, Anda mungkin ingin memiliki portofolio yang mencakup lebih banyak investasi jangka panjang. Jika pensiun sebentar lagi, pertimbangkan pendekatan yang lebih konservatif.

3. Tentukan toleransi Anda terhadap risiko.

Cari tahu tingkat kenyamanan risiko Anda dan bandingkan dengan apa yang dapat Anda toleransi. Secara umum, semakin lama Anda harus berinvestasi, semakin banyak risiko yang dapat Anda ambil.

4. Hubungi seorang profesional.

Untuk menghindari jebakan keuangan di kemudian hari, sering kali disarankan untuk mencari nasihat profesional saat menyusun portofolio.

“Penelitian terbaru menunjukkan bahwa investor terus bergulat dengan beberapa konsep investasi paling dasar, menunjukkan kebutuhan yang lebih besar untuk nasihat dan nasihat keuangan,” kata Doug Lockwood, perencana keuangan bersertifikat.

Untuk membantu investor mencapai tujuan keuangan mereka, American Century Investments mengembangkan On Plan Investing, sebuah program yang dirancang untuk membantu investor membangun dan memelihara portofolio investasi yang terdiversifikasi – tanpa biaya tambahan.

On Plan Investing menggabungkan alat pendidikan, saran, wawasan pasar, dan produk investasi serta membantu investor mengembangkan strategi investasi pribadi. Perspektif istilah atau butuh bantuan untuk memahami bagaimana pasar bekerja.

Baca Juga :  Cara Membeli Saham Indonesia Bagi Pemula