Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Beritaharianku.com – Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif, ada banyak sekali jenis mic yang biasanya digunakan oleh orang-orang. Berbagai jenis mic ini tentu saja memiliki kelebihan yang berbeda.

Biasanya, selain disambungkan ketika speaker belum aktif, beberapa mic juga disambungkan ketika speaker aktif.

Tentu saja, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu jenis mic yang sudah banyak digunakan adalah mic Bluetooth. Jenis mic satu ini merupakan bukti perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Mic Bluetooth dianggap lebih mudah digunakan karena tidak perlu repot-repot membawa kabel yang panjang.

Tidak hanya digunakan untuk karaoke di kamar saja, tetapi jenis mic ini juga sering digunakan untuk acara-acara keluarga atau ketika sedang berada di mobil.

Sesuai dengan namanya, untuk mengoneksikan mic ini dibutuhkan Bluetooth. Lantas bagaimana cara menyambungkan mic ke speaker aktif? Inilah penjelasan singkatnya.

Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif

Biasanya mic disambungkan ke speaker aktif untuk lebih memperkeras suara yang dihasilkan. Untuk bisa menyambungkannya, maka jangan menggunakan speaker pasif. Untuk melakukannya, ada 2 cara yang bisa dipilih, antara lain:

Cara Menyambungkan Mic ke Speaker Aktif Dengan Kabel Audio

Cara menyambungkan mic ke speaker aktif yang satu ini harus menjadikan mic Bluetooth yang kita punya layaknya seperti microphone kabel biasa.

Untuk menyambungkannya, kamu perlu mengoneksikan salah satu jack audio ke port yang bertuliskan out (port headset) pada mic Bluetooth.

Langkah selanjutnya adalah mengoneksikan ujung jack audio lainnya ke port input pada speaker aktif. Kemudian, kamu hanya perlu mengaktifkan mic Bluetooth dan speaker aktifnya.

Setelah itu, hanya perlu mengatur volume sesuai dengan yang diinginkan. Pengaturan volume ini perlu dilakukan pada kedua perangkat tersebut.

Mic Bluetooth ini berfungsi sebagai mic kabel biasa dan kamu bisa langsung menggunakannya. Cara menyambungkan mic ke speaker aktif ini bisa dilakukan oleh siapa saja, karena memang caranya sangat mudah.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua jenis mic Bluetooth memiliki port untuk bisa tersambung ke speaker aktif. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan dengan baik mic Bluetooth yang dimiliki.

Cara Menyambungkan Mic Ke Speaker Aktif Menggunakan Metode Wireless

Kemudian, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan metode wireless. Metode yang satu ini memang tidak banyak orang tau.

Sehingga, akan sedikit lebih kesusahan bagi yang baru mengetahuinya. Untuk bisa menggunakan metode ini, maka kamu harus memiliki sebuah aplikasi bernama SoundSeeder.

Aplikasi satu ini bisa ditemukan dengan mudah melalui playstore atau appstore. Kamu hanya perlu mengunduh dan memasangnya saja.

Untuk menggunakan metode ini, kamu harus memiliki 2 ponsel yang tentunya memiliki aplikasi SoundSeeder. Cara menyambungkan mic ke speaker aktif satu ini memang terbilang cukup sulit. Namun, tetap bisa kamu coba dengan aman.

Sebelumnya, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa kedua ponsel tersebut terhubung ke jaringan internet. Hal ini untuk mempermudah proses pengunduhan dan pemasangan aplikasi SoundSeeder.

Jika aplikasinya sudah terpasang, maka kamu hanya perlu setting kedua ponsel tersebut sesuai dengan fungsinya. Fungsi yang dimaksud adalah microphone dan speaker.

Untuk ponsel yang berfungsi sebagai microphone, maka bisa disambungkan terlebih dahulu dengan microphone Bluetooth dengan menggunakan metode aux.

Cara menyambungkan mic speaker aktif dengan metode aux ini harus melakukan setting aplikasi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik garis 3 yang berada di pojok kiri atas aplikasi SoundSeeder. Nantinya, kamu hanya perlu mengubah curret source menjadi microphone/ aux.

Setelah itu, hidupkan terlebih dahulu microphone Bluetooth dan ubah modenya menjadi mode aux. Sementara itu, untuk ponsel yang berfungsi sebagai speaker, hanya perlu menyambungkan port out ponsel ke speaker aktif menggunakan kabel audio.

Jika sudah, maka koneksikan kedua ponsel tersebut dengan mengklik speaker mode. Setelah itu, klik SoundSeeder player dan juga connection to player.

Cara menyambungkan mic ke speaker aktif yang selanjutnya adalah dengan mencari nama ponsel yang berfungsi sebagai Seeder. Lalu, hanya perlu mengoneksikan saja.

Setelah bisa terkoneksi, maka kamu juga harus melakukan setting pada aplikasi dengan mengklik garis 3 yang berada di pojok atas. Di sini, kamu hanya perlu mengubah current source menjadi SoundSeeder Player.

Selain itu, ubah juga audio output menjadi playback setting. Terakhir, hidupkanlah tombol play yang berada di pojok kanan bawah pada aplikasi SoundSeeder. Jika sudah terkoneksi dengan benar, maka di ponsel satunya lagi tombol play sudah bisa berjalan.

Demikianlah beberapa cara menyambungkan mic ke speaker aktif. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Di mana, kedua cara tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Untuk kamu yang ingin melakukannya dengan mudah, maka bisa menggunakan cara pertama.