Bansos anak sekolah

Cara Mendapatkan Banso Anak Sekolah RP 3,4 Juta

Pemerintah masih memberikan bansos kepada masyarakat yang terdampak covid 19, kali ini girilan anak sekolah yang akan mendapatkan bansos.

Kementrian sosial atau lebih populer dengan sebutan kemensos akan menyalurkan bansos husus untuk anak sekolah, banasos ini termasuk dalam kategori bansos program keluarga harapan.

Tak tanggung tanggung kemensos mengelontorkan dana untuk bansos anak sekolah sebesar 3,4 juta untuk periode 1 tahun, berikut adalah rincian bansos yang akan di terima siswa.

Bagi penerima bansos husus anak seolah siswa SD atau sederajat akan mendapatkan bansos sebesar Rp900.000 atau Rp 75.000 per bulan. Sedangkan untuk jenjang, SMP/MTs/Sederajat Rp1,5 juta setahun atau Rp125.000 per bulan dan yang terakhir tingkatan SMA/MA/Sederajat akan mendapatkan Rp2 juta setahun atau Rp166.000 per bulan.

Pemerintah berharap dengan melalui bansos anak sekolah ini nanti nya keluarga penerima manfaat bisa memiliki akses pendidikan yang lebih baik dan lebih layak ” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Bansos program keluarga harapan tersebut diberikan dalam kurun waktu satu tahun dengan 4 kali masa pencairan di mulai bulan Januari, April, Juli hingga terakhir bulan Oktober. Bansos anak sekolah bisa diambil di Bank BUMN yang telah ditunjuk pemerintah di antaranya BRI, Mandiri, BNI dan Bank BTN.

Baca juga : Cara mendapatkan bansos UMKM

Di kutip dari laman Kementerian Sosial (Kemensos), bantuan untuk pelajar SD, SMP, dan SMA diberikan kepada Keluarga Kurang Mampu yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari bansos PKH.

Ada sejumlah kriteria yang ditetapkan untuk mendapatkan bansos anak sekolah . Kriteria itu di antaranya, penerima harus masuk kategori Tidak Mmpu yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.

Baca Juga :  Alhamdulillah Bansos 300 Ribu Cair Lagi Bulan Maret 2021

Selain itu, harus memiliki komponen anggota keluarga yang termasuk dalam kategori penerima bantuan. Bantuan tersebut akan diberikan secara langsung melalui bank-bank yang termasuk dalam Himpunan Bank Negra (Himbara).

Baca juga : Cek disini untuk mendapatkan bansos PKH,BST dan KIP

Bantuan terbagi 4 kali penyaluran yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober. Perlu diketahui, ada pembatasan bantuan PKH jika dalam suatu keluarga terdapat ibu hamil, pelajar, lansia, atau disabilitas. Bantuan diberitakan maksimal untuk 4 orang dalam satu keluarga.

Pembatasan penghitungan ini tercantum dalam Surat Keputusan Direktur Jaminan Sosial Keluarga tentang Indeks Bantuan Sosial. Jika dalam satu keluarga ada beberapa anak yang tergolong pelajar, maka ketentuannya seperti ini:

Anak usia sekolah SD/sederajat sebanyak-banyaknya 1 anak dalam keluarga PKH Anak usia sekolah SMP/sederajat sebanyak-banyaknya 1 anak di dalam keluarga PKH Anak usia sekolah SMA/sederajat sebanyak-banyaknya 1 anak di dalam keluarga PKH

Cara mendapatkan bantuan untuk Siswa SD Cara untuk mendapatkan BLT pelajar sebagai berikut:

Untuk mendapatkan dana bantuan tersebut, wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial. Jika belum memiliki KPS, bisa mengajukan permohonan kepada RT/RW lalu disampaikan ke kelurahan.

Jika memang layak mendapatkan dana bantuan maka Kepala Desa akan melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan. Setelah prosedur tersebut terpenuhi, bisa menerima kartu PKH dan mengambil haknya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.