Cara Membuat Absen di Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Absen di Excel Dengan Mudah

Beritaharianku.com – Cara Membuat Absen di Excel, Kecanggihan teknologi adalah suatu perkembangan dunia yang tidak dapat dihindarkan. Secara garis besar pengaruh adanya perkembangan teknologi yang semakin maju

Juga akan tetap mengalami peningkatan guna menuju kehidupan yang labih baik lagi. Untuk itu, pada dasarnya teknologi dan informasi dapat dikatakan mampu memberikan pengaruh pofitif sekaligus berperan besar dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap teknologi yang ada akan memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Tidak dapat diremehkan kalau ternyata setiap negara juga berusaha mengembangkan kecanggihan teknologi sebagai alasan utama untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia.

Perkembangan dari pengaruh adanya kecanggihan teknologi juga mengajarkan untuk selalu berusaha beradaptasi dan berpikir kreatif untuk masa depan yang lebih baik..

Begitu juga dengan pengaruh positif adanya kecanggihan teknologi dalam bidang pendidikan, tentunya Anda dapat melihat perbedaan antara dulu membuat daftar hadir secara manual menggunakan kertas dengan kini cara membuat absen di Excel dengan mudah dan lebih cepat.

Contohnya saja bila Anda ingin membuat daftar hadir menggunakan Excel dengan harapan agar lebih mudah dilakukan akan tetapi tidak mengetahui cara kerja dan mengenal fungsi fitur tersebut.

Tentunya hal ini juga akan menjadi sia-sia karena dasarnya Anda belum mengenal definisi Excel lebih mendalam. Memang manusia dimanjakan dengan kecanggihan teknologi, akan tetapi cara yang benar dilakukan adalah tidak lupa untuk tetap mempelajari setiap apa yang ingin Anda lakukan.

Membuat daftar hadir menggunakan Excel memang seringkali dinilai lebih efektif dan mudah dilakukan, akan tetapi untuk menggunakan cara membuat absen di Excel yang baik dan benar adalah memiliki kemampuan untuk menggunakan Excel dengan baik.

Walaupun bagi Anda tidak bisa menggunakan Excel dengan sempurna, setidaknya berbekal cara-cara dasar adalah langkah penting yang dapat Anda lakukan.

Alasan ini karena pada dasarnya Excel terdiri dari beberapa bagian fitur yang saling memiliki tujuan dan kegunaan masing-masing. Bila Anda setidaknya mengenal cara dasar menggunakan Excel, maka secara otomatis Anda tidak akan mengalami kesulitan bila ingin membuat daftar hadir sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai cara membuat absen di Excel, berikut langkah penting yang harus Anda lakukan bila ingin membuat daftar hadir menggunakan Excel lebih mudah dan simpel.

Memahami dan Mengenal Fitur

Sebelum Anda membuat daftar hadir, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat judul terlebih dahulu. Untuk membuat judulnya, Anda cukup memilih insert kemudian memilih word art.

Langkah selanjutnya Anda dapat memulai untuk membuat nomor dan kolom absen. Biasanya membuat daftar hadir diperlukan untuk mengatur setiap kolom absen agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Memperhatikan Setiap Kolom Dengan Benar

Langkah selanjutnya,  cara membuat absen di Excel adalah memperhatikan setiap kolom dengan benar. Contohnya sel A9 Anda mengetik nomor, B9 mengetikkan nama-nama siswa, untuk sel C9 akan digunakan untuk kolom NIS, dan D9 untuk mengatur berapa kali pertemuan berlangsung. 

Ketika Anda usai melakukan langkah tersebut, maka memperhatikan lebar kolom adalah langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan dengan benar.

Untuk mulai mengatur lebar kolom Anda, block mulai pertemuan 1 dan 2 lalu klik kanan dan pilihlah Column Width dan jadikan angka menjadi 2.0. Kemudian yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengisi kolom AM sampai AR dengan keterangan pada daftar hadir tersebut.

Untuk kolom nomor yang harus Anda lakukan adalah block satu baris sampai ke bawah dengan memilih merger dan center. Lakukan cara ini untuk pilihan catatan dan pertemuan, kemudian isilah nama siswa tersebut.

Memakai Conditional Formatting

Setelah cara membuat absen di Excel telah selesai Anda buat, tentunya langkah selanjutnya adalah memakai conditional formatting sebagai otomatisasi absen.

Selanjutnya block semua kolom yang akan difungsikan sebagai conditional formatting dengan memilik ikon conditional formatting yang ada di toolbar.

Tampilan selanjutnya adalah conditional formatting manager lalu pilih new rule sekaligus memilih format only cels that contain, dan cels value pilihlah specific text. Kemudian ketik teks kosong yang ada disebelah kanan dengan huruf “a” tanpa adanya tanda petik.

Ketika Anda selesai melakukan cara tersebut, lalu yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah tab fill dengan memilih warna merah lalu “ok”.

Mengulangi Langkah yang Sebelumnya

Untuk cara membuat absen di Excel selanjutnya adalah ulangi dari keterangan hadir, izin, dan sakit untuk daftar hadir yang telah Anda buat dengan menyesuaikan warna kesukaan Anda atau yang cocok untuk diri Anda sekaligus dengan di block kolom area pertemuannya sekalian.

Jika cara tersebut benar untuk Anda lakukan, secara otomatis ketika Anda mengetik hadir, izin, atau sakit akan berubah warna.

Untuk keterangan absen tentunya sudah dapat diatasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat rekap otomatis menggunakan Excel. Untuk membuat absen otomatis dapat Anda lakukan sesuai dengan selera Anda atau dengan melihat referensi lainnya.

Pada dasarnya cara tersebut hanyalah sebuah contoh, akan tetapi bila Anda memiliki cara tersendiri yang dinilai baik, tentunya tidak menjadi masalah karena semua tergantung dari diri Anda sendiri mengenai cara membuat daftar hadir tersebut.

Itulah beberapa cara membuat absen di Excel.