Cara mengatasi pompa air masuk angin

Cara Mengatasi Pompa Air Masuk Angin

Beritaharianku.com – Cara mengatasi pompa air masuk angin, Air merupakan hal yang paling vital selain kebutuhan pokok berupa sandang, pangan, papan.

Sebenarnya air juga bisa masuk kategori kebutuhan pangan, hanya saja karena cakupan air lebih luas dari itu, maka air menjadi kebutuhan pokok diluar tiga hal tersebut.

Tidak percaya? Silahkan buktikan, apabila dalam satu rumah ada kerusakan atau air bermasalah, tentu semua masalah lain juga akan ikut bermunculan, bukan?

Saat ini ada banyak sekali cara mengalirkan air. Jika dulu setiap rumah tangga mempunyai sumur untuk wadah air, maka sekarang lebih mudah lagi. Orang-orang di desa yang dulunya menggunaka sumur, sekarang mereka juga memasang pipa paralon dan saluran air sebagai alat penghubung dan penyalur air.

Sedangkan orang-orang kota, mereka lebih memilih membeli air atau menggunakan layanan PDAM.

Betapa mudahnya masa sekarang untuk memperoleh air, bukan? Tapi jangan salah, silahkan buka mesin pencarian internet perihal pompa air.

Bisa dipastikan kalian akan banyak sekali menemui artikel berisi cara mengatasi pompa air masuk angin, cara mengatasi sumbatan air, bagaimana memancing air agar kembali mengalir, dan masih banyak tutorial seputar pipa air lainnya.

Dari sini apa yang bisa kita simpulkan? Rupanya, ketika cara mendapatkan air sudah semakin mudah, maka permasalahan yang muncul juga sangat beragam.

Rawan sekali terjadi masalah seputar kebutuhan air rumah tangga. Tidak hanya itu saja, pasti banyak kalian temukan di selebaran yang disebar di jalan mengenai jasa reparasi pompa, bukan? Hal ini semakin menguatkan hipotesis di atas.

Mengapa Pompa Air Masuk Angin?

Seperti yang disebutkan di atas, ada artikel berisi cara mengatasi pompa air masuk angin. Itulah satu permasalahan yang paling umum terjadi selain air tersumbat.

Menariknya, masuk angin disini benar-benar masuk angin secara harfiah, yaitu pompa air penuh oleh angin sehingga air sulit untuk mengalir. Aneh, bukan? Bagaimana bisa benda mati masuk angin. Tapi inilah kenyataannya.

Permasalahan aneh ini rupanya hampir dialami oleh semua rumah tangga. Lalu, sebenarnya bagaimana cara mengatasi hal ini dengan tepat? Apakah ada pencegahan yang bisa dilakukan? Serta apa yang harus dilakukan apabila kondisi ini terlanjur menimpa rumah tangga kalian? Tentu saja kalian tidak mau, bukan, seharian harus kesulitan air?

Bagaimana Mengatasi Pompa yang Masuk Angin Tersebut?

Dalam setiap permasalahan, untuk bisa menyelesaikannya diperlukan akar dari masalah itu sendiri. Dengan demikian, kita harus bisa mengambil akar dari semua keanehan yang terjadi pada pompa baru kemudian bisa kita simpulkan bagaimana cara mengatasi pompa masuk angin yang bisa diterapkan atau bahkan cara mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

Fenomena pompa masuk angin ini sebenarnya merupakan istilah awam dari kondisi lost suction, dimana ada angin masuk dan memenuhi saluran air sehingga air terhambat dan sulit mengalir.

Mungkin akan timbul pertanyaan, bagaimana bisa angin tidak dapat melewati air. Sebenarnya masalah bukan pada angin, melainkan pada pipa yang kehilangan kekuatan vakum karena angin tersebut.

Nah, cara mengatasi pipa masuk angin yang bisa dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan angin tersebut masuk pada pipa. Berikut ini ada beberapa penyebab pipa masuk angin sekaligus bagaimana cara mengatasinya.

Pemasangan Pipa Hisap Salah

Dikarenakan letak pipa pada umumnya adalah tersembunyi dan sulit dijangkau, maka gesekan dan juga kesalahan posisi merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Biasanya, antara sambungan satu ke sambungan lainnya memiliki posisi yang berbeda, baik secara ketinggian maupun sambungan.

Adapun cara mengatasi pipa masuk angin apabila begini permasalahannya adalah, memastikan bahwa sambungan pipa terpasang sempurna dan tidak saling bergesekan.

Kemudian bisa juga dengan cara memasang pipa dengan posisi yang lebih rendah dari pompa air. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir ruang yang terbentuk sehingga tidak ada angin yang terperangkap sehingga menghambat proses vakum.

Terlalu Sering Lepas Pasang Pipa

Percayalah, terlalu sering melepas pasang pipa juga bukan hal yang bagus. Ini akan membuat tingkat serat tutup pipa menjadi longgar dan memudahkan angin untuk mengisi ruang-ruang kosong yang tercipta. Dengan begitu, peluang pipa air kalian mengalami masuk angin atau lost suction akan lebih tinggi lagi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi pipa masuk angin jika penyebabnya seperti ini? Pertama, kalian bisa melepas sambungan pipa. Perhatikan apakah ada gelembung air yang tercipta.

Dengan membuka pipa ini maka angin akan keluar dengan sendirinya. Hanya saja, apabila cara ini kurang efektif, maka kalian harus segera mengatasinya dengan cara lain.

Kalian bisa memasang kembali sambungan pipa untuk kemudian dikocok. Harapannya agar air bisa naik dan angin keluar. Apabila cara kedua ini masih juga belum berhasil, sepertinya masalah air kalian bukan karena pipa yang masuk angin. Diperlukan teknisi khusus untuk bisa memperbaikinya.

Demikianlah beberapa cara mengatasi pipa masuk angin yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!