Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke TV LED TV Samsung

Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke TV LED TV Samsung

Beritaharianku.com – Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke TV LED TV Samsung, di zaman yang sudah semakin berkembang ini, banyak muncul inovasi baru terutama di bidang teknologi dan informasi.

Banyak sekali teknologi baru yang muncul saat ini, salah satunya yang paling menonjol adalah gadget.

Gadget sangat berpengaruh pada kehidupan di masa sekarang, kehidupan kita seperti bergantung pada gadget. Transfer bank, pesan, telepon, email, bimbel, semua kita lakukan via online di gadget.

Selain pada gadget, teknologi juga berkembang di dunia televisi atau yang lebih dikenal dengan sebutan TV. Televisi jaman sekarang sudah semakin besar dan tipis.

Tidak seperti kebanyakan TV zaman dulu yang tebal, layarnya cembung, dan harus menggunakan antena. Selain perbedaan pada ukuran, tampilan TV zaman sekarang juga sudah berwarna tidak seperti jaman dulu yang hitam putih. Zaman sekarang kita malah dapat menonton youtube di TV.

Nah, salah satu bentuk perkembangan teknologi dari TV yaitu mulai dari adanya TV LCD, kemudian berkembang lagi menjadi TV LED, OLED, UHD, dan yang paling baru yaitu Smart TV.

Namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai cara menghubungkan speaker aktif ke TV LED TV Samsung. Apa itu TV LED? apa yang membedakan TV LED dari jenis TV yang lain? Mari simak penjelasan berikut.

Jadi bagi kalian yang belum tau, TV LED (Light Emitting Diode) merupakan TV layar datar yang lebih hemat listrik dibanding TV jenis lain.

Teknologi diode yang dimiliki TV jenis ini menyebabkan TV LED tidak mudah panas. TV jenis ini biasanya berukuran besar dan tipis tergantung merk dan harga, dan dapat dipasang di dinding karena ketipisannya.

Perbedaan yang paling mendasar dari TV LED TV Samsung dibanding TV jenis lain yaitu pada  ukurannya. TV jenis lain berbentuk tabung dan layar cembung, sedangkan TV LED tipis dan berlayar datar.

Dengan TV jenis ini kamu juga dapat menghemat listrik sebesar 50%. Nah kebanyakan orang orang yang menggunakan TV kabel akan memakai TV jenis ini. Meskipun begitu, kamu harus mengetahui cara menghubungkan speaker Aktif ke TV LED TV Samsung.

Namun kekurangan TV LED yaitu TV jenis ini tidak memiliki speaker seperti TV tabung yang memiliki speaker di kedua sisinya. Jadi kita harus membeli speaker aktif tambahan sendiri.

Apa lagi itu speaker aktif? Apa gunanya speaker aktif pada TV LED? Bagaimana cara menghubungkan speaker aktif ke TV LED kita?

Speaker aktif pada TV LED ini berguna untuk menguatkan sinyal suara TV yang kecil menjadi besar setelah keluar dari output speaker.

Apabila kalian memasangkan TV kabel pada TV LED, maka suara yang dihasilkan akan menjadi kecil karena memang TV LED pada dasarnya tidak memiliki speaker di sisi sisinya.

Sebelum mengetahui cara menghubungkan speaker Aktif ke TV LED TV Samsung, ada hal hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Perhatikan Fitur TV Kalian

Setiap TV pasti memiliki fitur yang berbeda beda. Perhatikan apakah di TV tersebut terdapat output audio yang dapat terhubung dengan perangkat portable audio lain atau hanya tersedia input av sebagai fitur instalasi dengan perangkat lain.

Karena apabila salah dalam menghubungkan jek maka akibatnya bisa fatal seperti dapat merusak audio televisi maupun receiver dan DVD.

Apabila terdapat output audio, maka TV LED TV Samsung kalian bisa terhubung dengan speaker aktif.

Itu artinya tidak diperlukan cara menghubungkan speaker Aktif ke TV LED TV Samsung yang lainnya. Namun jika tidak ada output audio kalian dapat menghubungkan dengan dua kemungkinan:

  1. Apabila menggunakan receiver sebagai input maka output dari receiver bisa langsung dihubungkan ke speaker aktif, namun kekurangannya speaker TV tidak bisa berfungsi namun gambar akan tetap terlihat.
  2. Apabila sumber input berasal dari antena, maka TV tidak bisa disambungkan ke sepaker aktif. Biasanya masalah semacam ini dimiliki oleh TV tabung yang masih menggunakan antena.

Selain beberapa cara menghubungkan speaker Aktif ke TV LED TV Samsung di atas, terdapat juga opsi lain untuk menyambungan audio eksternal atau speaker aktif dengan TV LED TV Samsung, yaitu dengan menggunakan kabel optik.

Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke TV LED TV Samsung dengan Kabel Optik

  1. Masukkan kabel audio optik ke port ‘Digital Audio Out (Optical)pada TV
  2. Masukkan ujung lainnya dari kabel optik ke port ‘Digital Audio In’ pada speaker aktif atau audio eksternal lainnya
  3. Tekan tombol home pada remote control TV dan pilih ‘Pengaturan’
  4. Buka, kemudian pilih ‘Output Suara’ di menu ‘Suara’
  5. Pilih ‘Audio Out/Optik’

Kelebihan menggunakan kabel optik yaitu resiko kehilangan transmisi lebih rendah dibanding kabel logam sehingga cocok untuk transmisi jarak jauh dan penggunaan semi dan permanen.

Nah penjelasan di atas adalah beberapa cara untuk menghubungkan TV LED TV Samsung dengan speaker aktif atau audio eksternal. Semoga cara yang saya berikan membantu kalian yang memiliki kebutuhan yang sama.

Namun sebelum itu ingat untuk selalu memperhatikan fitur yang ada pada TV kalian supaya tidak terjadi kesalahan karena akibatnya bisa fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.