Breaking News
7 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet

7 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet

Beritaharianku.com – Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet, tidak dipungkiri kini ponsel atau smartphone ini sudah seperti menjadi kebutuhan utama.

Dengan perubahan dan penambahan berbagai fitur, kini ponsel tidak hanya diperuntukkan sebagai komunikasi saja.

Ada banyak yang bisa dilakukan melalui gadget yang satu ini. Itu juga tidak terlepas dari fitur yang memungkinkan kamu terus terhubung ke internet.

Meski sudah banyak fitur yang ditambahkan di ponsel sekarang, tapi ada yang tidak pernah berubah dari dulu, lho. Itu adalah penggunaan SIM card pada ponsel, yang tentunya membuat ponsel dapat bekerja.

Sama halnya dengan ponsel, provider SIM card juga melakukan perubahan agar SIM card-nya bisa dipakai pula untuk berinternet.

Tahu, ‘kan, seberapa banyak provider yang ada di Indonesia? Dan, provider Telkomsel masih menjadi provider SIM card yang banyak peminatnya dan jaringannya luas.

Tidak terelakkan lagi kalau SIM card Telkomsel masih tetap dapat sinyal meski di pelosok wilayah. Namun, hal ini ternyata tidak menjadikan SIM card sepenuhnya tanpa masalah, lho.

Terkadang ada beberapa kendala yang tidak bisa diatasi, entah karena tidak tahu atau karena SIM card-nya. Nah, salah satu masalahnya adalah SIM card tidak bisa terkoneksi ke internet. Tapi, tenang saja, ya, karena ada beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect ke internet.

1. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet dengan cara memastikan pulsa dan kuota internet

Tahu, ‘kan, kalau ingin berkomunikasi melalui ponsel itu membutuhkan pulsa agar dapat terhubung? Nah, begitu juga jika ingin berinternet, saldo pulsa atau kuota internetmu harus mencukupi, ya.

Jadi, kalau SIM card Telkomselmu tidak connect ke intenet, coba cek dulu pulsa dan kuota internetmu, ya. Pastikan kalau saldo pulsa, kuota, atau paketan internetmu ada dan aktif.

Jika ternyata saldo pulsa atau kuota internetmu tidak mencukupi bahkan habis. Begitu pula dengan paketan internetmu tidak ada yang aktif.

Maka, cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect adalah mengisi saldo pulsa atau kuota internetmu. Langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan pulsanya begitu saja atau mengaktifkan paket internetanmu.

2. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet dengan memastikan sinyal dan jaringan

Sinyal itu mempengaruhi jaringan dan lokasimu berada juga mempengaruhi sinyal SIM card-mu. Memang Telkomsel jaringannya luas, tapi tetap saja kuat-lemahnya sinyal tergantung tempatmu berpijak. Jadi, pastikan ada berapa garis sinyal yang ada di ponselmu.

Setelah itu, pastikan koneksi internetmu juga aktif dan panahnya menyala atau berjalan, ya. Nah, kalau sinyal lemah, itu artinya kamu harus pindah ke tempat yang sinyalnya kuat dulu untuk mengatasinya.

3. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet dengan cara menonaktifkan mode pesawat

Ada saatnya kamu tidak ingin diganggu bahkan sampai menerima telepon, pesan, maupun chat, bukan? Kalau hanya disenyapkan, ketiga hal tersebut masih bisa diterima ponsel. Maka dari itu, langkah termudah adalah mengaktifkan mode pesawat. Namun, hal ini juga membuat semua aktivitas ponsel terhenti, termasuk internet. Nah, coba periksa mode pesawatmu, jika aktif maka cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect kamu harus mematikan mode pesawatnya dulu, ya.

4. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet dengan cara mengubah jaringan internet

Pada pengaturan jaringan seluler pasti kamu bisa tahu, ‘kan, SIM card Telkomselmu itu sedang memakai jaringan mana? Jika kartu sedang menggunakan jaringan LTE maka coba ganti ke 3G. Begitu juga kalau memakai jaringan 3G maka ganti ke jaringan 2G. Kalau sudah diganti dan menunggu hingga aktif, kemudian kembalikan jaringan tersebut ke jaringan semula yang ingin dipakai.

5. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet dengan mereset jaringan internet

Jika cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect di atas belum berhasil coba reset jaringan internetmu. Bisa saja tanpa sengaja kamu mengubah suatu hal yang mempengaruhi koneksi internetmu. Maka dari itu, ada baiknya kalau kamu reset jaringan internetmu ke default. Untuk reset-nya ada di menu settings, general management, reset network settings.

6. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet merestart jaringan internet

Ternyata provider Telkomsel juga menyediakan layanan untuk restart koneksi internet, lho. Jadi, jika koneksi Telkomsel ke internet bermasalah, coba saja restart. Caranya cukup mudah, kok, yaitu dengan mendial suatu nomor saja. Nah, untuk mematikan koneksi internet Telkomsel dial saja nomor *363*212#. Sedangkan, jika kamu ingin mengaktifkannya kembali dial *363*213#.

7. Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Connect ke Internet dengan cara mengatur Access Point Names (APN)

Nah, cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect yang terakhir adalah mengatur APN. Sebenarnya, pengaturan untuk APN ini sudah default sejak SIM card Telkomsel ini aktif dan teregister. Namun, terkadang bisa saja terjadi kesalahan maka sebaiknya atur ulang APN-nya. Caranya buka menu settings, connections, mobile networks, Access Point Names, Telkomsel

Itulah berbagai cara mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect yang bisa dilakukan. Nah, jika cara-caranya tersebut tidak berhasil juga maka kamu harus menanyakan langsung ke customer service atau gerai Telkomsel, ya. Tapi, sebaiknya itu cara paling akhir setelah melakukan cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.