cara mengoperasikan mesin bubut

Cara Mengoperasikan Mesin Bubut Yang Baik Dan Aman

Beritaharianku.com – Seringkali ketika bekerja kita dihadapkan dalam situasi menggunakan mesin untuk menunjang kinerja kita agar pekerjan berjalan dengan cepat dan praktis. Karena tentunya penggunaan alat-alat mesin dalam pekerjaan dapat membuat produksi meningkat dan lebih gesit ketimbang masih menggunakan manual.

Namun, tentunya ketika hendak mulai bekerja disuatu perusahaan yang juga kebetulan perusahaan tersebut menggunakan mesin dalam produknya tentunya kita pasti akan ditraning, dilatih terlebih dahulu agar dapat mengoperasikan mesin yang akan kita pakai dalam bekerja tersebut.

Namun tentunya, terkadang hal wajar apabila kita saat sudah mulai bekerja pertama kali dan kita lupa mengenai penjelasan dan traning pada saat pertama kali masuk tadi. Entah itu kamu lupa atau karena gugup, hal ini sebenarnya dapat kita akali dengan cara membaca buku pemandu dan meliha tutorial cara mesin bekerja di internet yang sekarang sudah tersebar banyak.

Ada banyak sekali mesin yang dipakai dalam kegiatan bekerja, salah satunya adalah mesin bubut. Mesin bubut ialah mesin yang berfungsi dan berguna sebagai pemotong benda dengan cara kerjanya yaitu berputar ntah itu maju ataupun mundur sesuai keinginan pengguna. Mesin bubut ini seringkali dapat kita jumpai dan banyak digunakan di inudstri kecil, sedang ataupun besar.

Nahuntuk kamu yang baru saja bekerja sebagai operator mesin bubut atau baru saja membeli mesin bubut untuk menunjang usahamu, kamu tidak perlu khawatir dan bingung lagi bagaimana cara menjalankan dan mengoperasikan mesin bubut dengan baik dan tepat, mari simak artikel dari kami berikut ini yuk :

  1. Hal Yang Pertama Dilakukan sebelum mengoperasikan mesin bubut adalah kamu hendaknya membaca petunjuk dan instruksi yang telah disediakan serta membaca formulir duga bahaya yang telah siapkan. Hal ini bertujuan agar kamu memahami apa-apa saja resiko dan cara menanggulangi kesalahan.
  1. Hal yang kedua dilakukan adalah mengecek terlebih dahulu kondisi mesin bubut apakah normal dan tidak ada hal-hal yang dapat menganggu baik itu mesin bubutnya sendiri atau benda-benda dan segala disekililing mesin bubut yang membuat potensi terhambatnya bekerja.
  2. Yang ketiga adalah hal yang paling utama, siapkan peralatan diri yang sesuai standar untuk menunjang safety dirimu. Ntah itu alat pelindung diri seperti faceshield, kaos tangan yang terbuat dari kulit atau semacamnya, kacamata pelindung mata, helm atau topi yang melindungi bagian kepalamu dan semacamnya yang membuat kondisi dan badanmu tetap terjaga dan aman ketika kerjaan berlangsung serta untuk menghindari dari keadaan yang tidak diinginkan oleh kita.
  3. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan operasional yang hendak perlu dikerjakan agar sesuai dengan kebutuhan, selain itu silahkan juga cek drawing dan alat ukur yang hendak digunakan dalam pekerjaan.
  4. Kamu dapat mulai mengoperasikan mesin bubut pertama dengan cara masukan sumber utama arus mesin bubut terlebih dahulu.
  5. Kemudian kamu dapat mengatur arah kecepatan spindle yang digunakan dengan material yang akan kamu gunakan. Adapun cara mengatur kecepatan arah spindle dapat kamu lakukan dengan mengatur tuas pengatur kecepatan arah spindle sesuai table yang telah ada pada mesin bubut dan tentunya sesuai kecepatan serta keinginan yang hendak kamu jalankan.
  6. Selanjutnya kamu dapat memasang senter putar pada kepala lepas yang terdapat pada mesin bubut yang akan kamu operasionalkan.
  7. Kemudian kamu dapat memasang dengan ujung sayat sesuai dan setingga paada ujung senter yang telah kamu pasang sebelumnya tadi.
  8. Lalu selanjutnya kamu dapat memasang cekam benda kerja yang hendak kamu gunakan.
  9. Terus selanjutnya dekatkanlah pahat pada ujung benda kerja yang akan disayat tersebut.
  10. Nah setalah semua itu terpasang, hidupkanlah tombol on dan nyalakan mesin bubut kemudian mulailah melakukan penyayatan. Adapun cara untuk menghidupkan mesin bubut adalah dengan cara menekan tombol tuas on dan off pada mesin bubut sehingga mesin bubut hidup dan spindle dapat bergerak.
  11. Setelah itu jika semua material dan peralatan terpasang, dan mesin bubut hidup lakukan penyayatan serta menjalankan operasional pekerjaan sesuai dengan order dan tujuan yang telah kamu dapatkan dan peroleh sebelumnya, hal ini dilakukan agar pekerjaanmu sesuai dan hasilnya benar serta sama dengan apa yang hendak dibuat.
  12. Setelah melakukan pekerjaan tadi, kamu dapat mematikan mesin bubut apabila telah selesai dengan cara menekan tombol tuas off pada mesin bubut. Sehingga mesin bubut mati, dan selanjutnya jika mesin bubut mati. Rapihkanlah lagi keadaan dan kondisi tempatmu bekerja dan periksa lagi apakah semuanya sudah aman.

Nah itulah cara untuk mengoperasikan mesin bubut dengan baik dan tepat, namun hendaknya ketika kamu mau belajar harus ditemanin dan diawasi bersama rekan atau temanmu yang telah professional dan memahami mesin bubut dengan baik sehingga dapat membantumu serta kamu juga dapat bertanya-tanya mengenai itu jika kamu tidak mengerti sesuatu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.