Cara Membeli Saham Indonesia Bagi Pemula

Cara Membeli Saham Indonesia Bagi Pemula

Beritaharianku.com – Cara membeli saham Indonesia bagi pemula perlu kamu ketahui, terlebih lagi bagi kamu yang masih baru sebagai investor dalam dunia investasi.

Bagi anak muda, memulai investasi memang terdengar sulit. Kamu harus benar-benar memahami cara membeli saham Indonesia, seperti bagaimana cara memilih saham suatu perusahaan yang memang terpercaya dengan fundamental yang baik.

Baca juga : Cara membuka rekening saham online tanpa harus keluar rumah

Tidak hanya bagi orang yang sudah memiliki pekerjaan saja, mahasiswa pada umumnya memiliki pemasukan terbatas juga bisa mulai untuk berinvestasi. Bagi kamu milenial, berinvestasi merupakan salah satu cara bagi mereka untuk mulai mendapat keuntungan.

Sebab tanpa harus menghabiskan banyak waktu, mereka bisa mendapatkan keuntungan. Namun tentunya cara tersebut tidak mudah tercapai, kamu harus mengetahui cara membeli saham Indonesia dengan baik dan benar.

Baca juga : Cara membeli Crypto di binance

Maka dari itu kami akan memberikan beberapa informasi mengenai investasi, khususnya bagi pemula yang masih ragu untuk memulainya. Mulai dari tips berinvestasi dengan aman, hingga apa saja aplikasi saham yang dapat digunakan.

Cara Membeli Saham Indonesia bagi Pemula

Saham dapat dibeli secara offline maupun online, sesuai dengan keinginan kamu. Bila secara offline maka kamu bisa bertanya apapun mengenai saham, namun bila memilih online, kamu tidak perlu mendatangi perusahaan sekuritas, yang bisa menghabiskan banyak waktu.

Baca juga : Cara menjadi kaya dengan investasi

  • Persiapkan Dokumen Pribadi

Untuk mengisi data pribadi, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen pribadi seperti e-KTP, NPWP, Buku Tabungan serta materai. Semua dokumen tersebut digunakan, sebagai bukti bahwa data diri kamu lengkap, dan bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

  • Datang ke Perusahaan Sekuritas
Baca Juga :  4 Tips untuk Membangun Portofolio Saham yang Sukses

Langkah selanjutnya dalam cara membeli saham Indonesia adalah, bila kamu memilih untuk membelinya secara langsung, maka kamu perlu mengunjungi perusahaan sekuritas yang diinginkan.

Baca juga : 7 Hal penting sebelum kamu memulai investasi supaya tidak rugi

Ada beberapa perusahaan sekuritas yang dapat kamu pilih seperti PT Ajaib Sekuritas Asia, PT BCA Sekuritas, PT OCBC Sekuritas dan lainnya.

Namun bila kamu lebih memilih proses pembelian secara online, maka kamu bisa mengunjungi website resmi dari perusahaan sekuritas yang kamu pilih.

  • Mengisi Form Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pendaftaran, yang disediakan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Disini kamu akan mengisi form, sebagai investor pasar modal.

Baca juga : Cara membangun portfolio saham yang sukses

  • Menyetor Dana Awal

Langkah selanjutnya dalam cara membeli saham Indonesia adalah, dengan menyetor dana awal. Setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan tertentu, mengenai dana awal yang perlu disetorkan oleh investor.

Setelah pendaftaran dan dana setoran awal telah selesai, maka selanjutnya adalah investor akan diberikan akses untuk masuk ke akun dashboard. Dengan diberikan user ID, Password, PIN Transaksi, maka investor sudah bisa melakukan transaksi jual beli.

Tips Investasi Saham bagi Pemula

Setelah mengerti tentang bagaimana cara membeli saham Indonesia, maka kami akan memberikan tips yang dapat berguna bagi kamu untuk memulai investasi. Serta agar dapat menghindar dari kerugian-kerugian yang bisa terjadi.

Baca juga : Asuransi kesehatan terbaik dan terpercaya

  • Membeli Saham Terdaftar di BEI

Satu hal perlu kamu ingat adalah, membeli saham yang memang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bila saham tersebut sudah terbukti terdaftar, maka kamu bisa mempercayai dan membelinya.

  • Memilih Sekuritas Perbankan
Baca Juga :  4 Tips untuk Membangun Portofolio Saham yang Sukses

Perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau Consumer Goods, dinilai memiliki laba cukup stabil setiap tahunnya. Dengan begitu, harga saham pada perusahaan tersebut tidak mudah anjlok, dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Baca juga : Daftar asuransi mobil terbaik

  • Pilih Investasi Jangka Panjang

Dengan berinvestasi dalam jangka panjang, besar kemungkinan kamu akan memiliki risiko kerugian yang lebih rendah. Selain itu akan lebih aman dan mendatangkan keuntungan.

Aplikasi Saham Terbaik yang Biasa Digunakan

Di Indonesia sendiri terdapat banyak aplikasi yang biasa dipergunakan, untuk menanam saham serta melihat perkembangannya. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut, telah mendapat izin dari OJK.

Baca juga : 9 Aplikasi penghasil uang terbukti membayar tanpa modal

  • AJAIB

Ajaib merupakan salah satu perusahaan sekuritas yang berbasis aplikasi untuk memudahkan nasabah untuk melakukan investasi maupun trading, selain investasi saham ajaib juga mempasilitasi nasabah untuk membeli reksadana.

Untuk membuka rekening Saham di aplikasi Ajaib sangat mudah, hanya membutuhkan waktu 30 menit rekening RDN kamu sudah jadi, sebelum mendaftar pastikan kamu sudah memiliki KTP ya.

Silahkan Daftar Disini

  • MOST Mandiri

Aplikasi trading ini dikeluarkan oleh Mandiri Sekuritas sejak tahun 2000, namun hingga saat ini perusahaan tersebut masih bisa bertahan, bahkan telah menjadi salah satu broker saham terbesar di Indonesia.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari aplikasi tiktok

Kelebihan dimiliki oleh aplikasi ini adalah, calon investor dapat melakukan pendaftaran secara online, dan keuntungan yang pemula bisa dapatkan adalah kamu bisa mendapatkan pelatihan secara online dan offline dari perusahaan secara langsung.

Silahkan Daftar Disini

  • Indo Premier Online Technology

Dikenal juga sebagai IPOT, merupakan aplikasi trading yang menyediakan investasi saham, reksadana dan ETF. Menjadi salah satu aplikasi cukup populer, meski baru dirilis pada tahun 2017.

Baca Juga :  Download Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2021

Baca juga : Cara mendapatkan uang jutaan rupiah dari google dengan cepat

Kelebihan dari IPOT adalah calon investor dapat melakukan pendaftaran secara online, tersedia berbagai fitur lengkap seperti fitur berita dan riset yang berguna bagi investor. Kemudian tidak ada minimun nominal, bagi investor untuk untuk membuka akun.

Silahkan Daftar Disini

  • Stockbit

Stockbit didirikan pada tahun 2012, dan sudah banyak investor menggunakan aplikasi ini. Pada awal kehadirannya, Stockbit dikenal sebagai komunitas forum trading, namun kini dikenal sebagai instrumen investasi dengan pergerakan harga cukup berpengaruh.

Di Stockbit, kamu bisa melihat chart saham, data fundamental, cocok digunakan untuk trader dan investor, terdapat forum diskusi yang membahas investasi, bisa melakukan trading secara online, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari internet

Membawa keuntungan, namun perlu dikelola dengan hati-hati. Bagi pemula yang baru terjun ke dunia saham, ketahui terlebih dahulu cara membeli saham Indonesia.

Silahkan Daftar Disini

Pencarian berdasarkan kata kunci Cara Membeli Saham,Cara Membeli Saham Bagi Pemula,Cara Membeli Saham Bca,Cara Membeli Saham Bri,Cara Membeli Saham Di Ajaib,Cara Membeli Saham Di Ipot,Cara Membeli Saham Luar Negeri,Cara Membeli Saham Sm Entertainment,Cara Membeli Saham Telkomsel

Leave a Reply

Your email address will not be published.