Cara Membuat Tulisan Melengkung di Photoshop

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Photoshop

Beritaharianku.com – Cara Membuat Tulisan Melengkung di Photoshop, dalam software Photoshop, kamu dapat membuat berbagai objek atau bentuk sesuai kebutuhan, salah satunya adalah font yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk seperti teks melingkar, spiral, busur, dan lainnya.

Teks tersebut masih dapat dikreasikan ke berbagai bentuk lainnya sesuai keinginan menggunakan tools yang ada dalam perangkat lunak ini. Membuat teks melengkung adalah salah satu objek editing yang sering dibutuhkan, seperti untuk membuat logo.

Cara membuat tulisan melengkung di Photoshop apabila dikuasai, maka akan sangat bermanfaat. Dengan begitu jika kamu ingin membuat sebuah logo dengan teks kreasi untuk kebutuhan bisnis ataupun tugas sekolah, dapat dilakukan oleh diri sendiri.

Misalnya kamu membutuhkan logo untuk bisnis dan memerlukan seseorang yang menguasai Photoshop agar bisa membuat teks melengkung dengan baik dan menarik, maka dapat mengandalkan kemampuan sendiri tanpa harus menyewa atau membeli dari orang lain.

Jika kamu masih mengira cara membuat tulisan melengkung di Photoshop sulit, cukup dengan memahami langkah-langkah berikut ini maka tidak perlu kebingungan lagi. Namun pastikan sebelumnya kamu membuat logo dan tulisan melengkung ini menggunakan vektor agar kualitasnya bagus.

Tahap 1

Untuk mempersiapkannya, bisa kamu awali dengan membuka lembar project baru pada fitur ‘New’ dengan klik open/new yang ada di aplikasi Photoshop versi berapapun. Setelah lembar baru terbuka maka akan muncul menu tools yang beragam sebagai fasilitas untuk membuat berbagai bentuk.

Setelah itu, kamu bisa memilih ‘Ellipse Tool’ yang terbilang dapat mempermudah proses pembuatan teks melengkung pada logo, alih-alih menggunakan Pen Tool. Cara membuat tulisan melengkung di Photoshop ini dianjurkan, khususnya bagi pemula.

Tahap 2

Langkah kedua, Photoshoper harus memilih fitur ‘Dropdown’ yang ada di bawah menu utama Photoshop. Di sana terdapat tiga menu ‘Shape’, ‘Path’, serta ‘Pixels’, dan kamu harus memilih ‘Path’. Tujuannya adalah untuk membuat lingkaran sebagai wadah untuk membuat tulisannya.

Setelah menu tersebut ditekan, maka akan muncul lingkaran jika kamu klik lembar tugas dan tarik ke samping untuk mendapatkan garis melingkar atau poligon, yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Posisikan lebih rapi dan lihat ukurannya sesuai keinginan, dengan begitu inti cara membuat tulisan melengkung di Photoshop sudah bisa dimulai.

Tahap 3

Setelah fitur lingkaran tersedia maka untuk menuliskan kata-kata pun semakin mudah. Untuk membuatnya, kita selanjutnya memerlukan tool Teks (T) yang bisa diletakkan di mana saja. Ketika tool ini aktif, maka kursor pun akan berubah menjadi tanda untuk mengetik teks. Tuliskan saja teks yang ingin dibuat dan akan muncul di sana.

Setelahnya, cara membuat tulisan melengkung di Photoshop adalah mengatur lebih dulu posisi teks yang diinginkan, apakah center (terpusat), left (kiri), atau right (kanan). Untuk mendapatkan hasil yang rapi, gunakanlah posisi teks center sehingga lebih proporsional antara space kiri ataupun kanannya. Artinya teks lebih selaras atau berada di tengah-tengah.

Kamu bisa melakukannya melalui bilah menu yang tersedia. Yaitu posisikan kursor di titik awal, maka akan muncul dua opsi. Kamu hanya pilih opsi ‘Path Selection Tool’ dan seret menggunakan bantuan ‘Shift’ pada keyboard agar reposisi teks menjadi lebih rapi.

Tahap 4

Biasanya di awal teks yang dibuat tidak terpusat pada lingkaran logo atau teksnya terlalu besar. Maka untuk memperbaikinya, cara membuat tulisan melengkung di Photoshop yang rapi diperlukan pengubahan ukuran jalur tulisannya. Tidak perlu pusing, cara yang lebih praktis dapat menggunakan alternatif ‘Ctrl + T’.

Atau bisa juga menggunakan opsi Edit lalu klik opsi Free Transform, namun harus dengan menekan tombol ‘Shift + Alt’ pada keyboard, seret mode sudutnya dan ‘Enter’. Dengan begitu rasio teks dengan logo akan sesuai.

Untuk menyempurnakan cara membuat tulisan melengkung di Photoshop yang indah, kita membutuhkan variasi lainnya agar hasilnya tidak monoton. Masih dalam tool ‘Path Selection’, kamu hanya tinggal menyeret kursor ke arah berlainan. Misalnya kursor ditarik ke tengah sehingga teks menjadi terbalik.

Variasi dan Efek Tambahan Teks Melengkung

Agar tulisan melengkung pada sebuah logo memiliki nilai artistik, maka kamu bisa gunakan beberapa efek yang disediakan. Contohnya menggunakan ‘Layer Style’ lalu memberikan efek cat air pada tulisan, yang akan membuat teks lebih berseni. Selain itu ada gold effect, yang bisa digunakan untuk membuat tulisan terlihat lebih glamour dengan kombinasi layer latar belakang lebih gelap.

Efek papan tulis pada teks juga menjadi pilihan terbaik yang realistis saat penyempurnaan dalam cara membuat tulisan melengkung di Photoshop. Ada pula teks fabric effect dengan gaya yang lebih padat dan kompleks. Karena dengan satu style saja bisa mendapatkan sekaligus dua gaya yang keren.

Sesulit apapun anggapan kita sebelumnya, setelah memahaminya dengan baik, maka cara membuat tulisan melengkung di Photoshopdapat dikuasi juga. Tutorial di atas pun diharapkan bisa bermanfaat.