Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot

Beritaharianku.com – Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot, Sebagai salah satu provider terbesar, Indosat banyak digunakan oleh para pengguna telepon selular.

Bagi pengguna di Indonesia sendiri, Indosat banyak dipilih karena berbagai penawaran dan promo yang terbilang menarik.

Baik dari promo telepon, SMS, hingga kuota internet, semua memiliki beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya.

Namun diantara menariknya layanan dan promo yang ditawarkan, terkadang masalah jaringan menjadi salah satu hambatannya.

Meskipun kita dapat menikmati penawarannya, akan sia-sia jika jaringan providernya terganggu. Tak jarang seseorang mengalami jaringan Indosat yang tiba-tiba lemot dikarenakan faktor tertentu. Jika sudah begitu, maka harus dicari jalan keluarnya.

Dan pembahasan berikut ini adalah tentang cara mengatasi jaringan Indosat lemot yang bisa kamu ikuti.

Beberapa Alasan Penyebab Jaringan Indosat Jelek

Akan tetapi sebelumnya perlu diketahui beberapa alasan mengapa jaringan Indosat bisa bermasalah. Pertama, bisa karena HP yang tidak mendukung jaringan di mode 4G. Maka sudah pasti, kuncinya HP-mu harus mendukung fitur 4G terlebih dulu.

Kedua, bisa karena lokasi tempatmu berada tidak terjangkau oleh jaringan Indosat. Ketiga, penggunaan internet yang berlebihan dari kapasitasnya juga dapat berpengaruh, lho! Keempat, masalah hardware yang kurang bagus.

Terakhir, dapat karena kurang maksimalnya penyedia layanan. Berbagai masalah tersebut dapat dituntaskan dengan mengetahui cara mengatasi jaringan Indosat lemot berikut ini.

Beberapa Solusi Mengatasi Jaringan Indosat yang Jelek

Tersedianya Jaringan 4G

Berdasarkan beberapa faktor penyebab lemahnya jaringan Indosat di atas, alasan pertamanya adalah karena koneksinya sendiri. Kita kini tahu bahwa jaringan yang memiliki kecepatan koneksi tinggi adalah 4G atau LTE.

Sejauh ini yang paling umum dan mendukung kecepatan normal sesuai kebutuhan, yaitu mode 4G. Jika koneksimu berubah pada 3G, 2G, atau bahkan H+, maka sudah pasti kecepatannya semakin berkurang.

Kebanyakan smartphone sekarang ini sudah melengkapi fitur pilhan koneksi hingga 4G/LTE. Maka solusi utama yang bisa dilakukan adalah dengan menghampiri menu pengaturan dan jaringan.

Di sana kamu dapat mengatur ulang jenis jaringan yang diinginkan. Inilah salah satu cara mengatasi jaringan Indosat lemot paling dasar.

Lihat dari Pengaturan APN Indosat

Tips selanjutnya adalah dari pengaturan APN Indosat yang tersedia dalam setiap HP pengguna. Ini merupakan cara manual lainnya yang dapat kita lakukan dengan cepat dan mudah.

Siapa pun dapat menuntaskan masalah jaringannya tersebut, dan mulai saja akses fiturnya. Langkah pertama dapat kamu lakukan dengan masuk ke pengaturan jaringan SIM.

Di sana kamu dapat mengatur APN Indosat dengan cara menuliskan teks ‘Indosatgprs’ dan tap selesai. Dengan cara mengatasi jaringan Indosat lemot yang sederhana ini saja, dapat mempengaruhi kecepatan internet yang semakin kencang. Setelah jenis APN-nya berubah dan disesuaikan, maka kualitas koneksi yang stabil akan kembali kamu nikmati.

Menyalakan Mode Pesawat Sesaat

Mungkin masih banyak yang tidak mengira bahwa fitur mode pesawat juga bisa digunakan untuk memperbaiki koneksi atau jaringan yang jelek. Bagi pengguna provider manapun, khususnya Indosat, cara ini dapat dicoba dengan mudah dan dapat dilakukan pada jenis smartphone apapun.

Cara mengatasi jaringan Indosat lemot tersebut sangat mudah, kamu hanya tinggal memainkan fitur mode pesawat dengan mengaktifkan dan menon-aktifkan kembali. Memang saat mode pesawat menyala, ada beberapa bagian yang sementara tidak berjalan.

Sederhananya, memainkan mode pesawat dapat me-refresh IP sebelumnya menjadi IP baru. Bukan hanya itu, dari aktivitas refresh tersebut, jaringan yang didapatkan pun akan dimaksimalkan. Maka jika jaringan Indosat milikmu bermasalah, bisa lakukan ‘reconnect’ jaringan melalui mode pesawat.

Atur Mode Jaringan

Masih ada cara mengatasi jaringan Indosat lemot lainnya, yaitu menggunakan pengaturan mode jaringan. Langkah dapat diawali dengan membuka pengaturan pada HP, tap pilihan Koneksi, tap Jaringan Seluler, klik mode Jaringan SIM, dan pilih mode LTE/3G/4G. Setelahnya HP akan memutus sementara jaringan dan otomatis menyala kembali menyesuaikan mode jaringan yang dipilih.

Muat Ulang Smartphone

Perlu diketahui bahwa me-restart HP juga ternyata dapat berpengaruh pada pembaruan kecepatan jaringan. Dengan memuat ulang HP, maka APN akan memberikan efek pembaruan pada sistemnya. Meskipun sangat sederhana, namun langkah ini efektif dan bisa dicoba.

Diamkan Terlebih Dulu atau Gunakan di Malam Hari

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa banyaknya penggunaan bisa menyebabkan error atau macet pada sistem, dan pada sistem koneksi pun bisa jadi seperti itu.

Biasanya kondisi saat siang hari adalah waktu penggunaan yang ramai, dan koneksi bisa jelek. Maka cara mengatasi jaringan Indosat lemot ini mudah sekali, kamu bisa memilih penggunaan di malam hari saat sistem dan penggunaan sedang sedikit digunakan.

Selain itu penggunaan HP yang terlalau sering juga bisa berpengaruh. Ketika mesin sedang panas, maka lebih baik untuk didiamkan terlebih dahulu sebagai proses pemulihannya. Ketika sudah normal, maka jaringan bisa kembali optimal.

Jika kamu memiliki masalah pada koneksi atau jaringan, dapat melihat berbagai cara mengatasi jaringan Indosat lemotdi atas sebagai solusinya.