Cek bansos.kemensos.go.id Penerima Dapat Uang Tunai dan Beras

Cek bansos.kemensos.go.id Penerima Dapat Uang Tunai dan Beras

Beritharianku.com – Setelah PPKM bergulir pemerintah memberikan bansos berupa uang tunai maupun makanan pokok berupa beras cek cekbansos.kemensos.go.id bisa dibuka untuk mengecek masyarakat sebagai penerima bantuan sosial atau bansos.

Masyarakat yang terdaptar sebagai Penerima Bansos Tunai atau (BST) dan PKH akan menerima tambahan bahan makanan pokok berupa beras sebanyak 10 kilogram untuk kebutuhan pokok.

Baca juga : Cara daftar online bansos UMKM 1,2 juta

“BST dan PKH disalurkan masing-masing bagi 10 juta penerima manfaat plus menerima beras sebanyak 10 kilogram,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini berdasarkan keterangannya di laman Sekretariat Kabinet, Kamis tanggal (8/7/2021).

Masyarakat penrima beras sebanyak 10 kilogram tersebut akan disalurkan melalui instansi terkait yaiutu Perum Badan Urusan Logistik (BULOG). Mengingat jaringan BULOG sudah mencapai seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Baca juga : Begini cara mendapatkan bansos modsl usaha 3,5 juta

Jadi sangat memungkinkan untuk mendistribusikan beras 10 kilogram kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Kami mengirimkan data penerima manfaat BST dan PKH ke Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) dan mereka akan menyalurkan beras itu melalui jaringannya yang telah tersedia di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Tentang pembaruan data penerima Bansos Tunai di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah selesai sejak akhir pekan lalu dan siap untuk digunakan dalam penyaluran bansos

Baca juga : Yuk Daftar DTKS Kemensos Untuk Mendapatkan Bansos PKH, BST, KIP

Unntuk melihat daftar terbaru penerima bansos, peserta yang terdaftar dapat mengecek penerima bansos melalui laman cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat apakah peserta telah terdaftar atau belum sebagai penerima bansos (bantuan sosial) terbaru dari Kemensos.

Untuk pendistribusian Bansos Tunai periode Bulan Mei-Juni akan di gabung sekaligus diterima oleh penerima bansos sebanyak Rp 600 ribu ditambah dengan beras 10 kilogram dari Bulog.

Baca juga : Cara Mendapatkan Banso Anak Sekolah RP 3,4 Juta

Berikut cara mengecek bansos tunai melalui cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal.
  3. Ketik nama Anda sesuai KTP.
  4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.
  6. Lalu klik tombol cari.

Demikianlah tata cara cek bansos tunai melalui cekbansos.kemensos.go.id. Sedangkan untuk penyaluran bansosnya sendiri dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Negara (Himbara), serta beras melalui Perum BULOG.

Sumber Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.