Cara Membuat Absen di Google Form Melalui Laptop

Cara Membuat Absen di Google Form Melalui Laptop

Beritaharianku.com – Cara Membuat Absen di Google Form Melalui Laptop. Indonesia mendeteksi COVID19 pada tanggal 2 Maret 2020, dimana pada saat itu cuma 2 orang yang terjangkit.

Semakin lama, pasien yang terkena COVID19 meningkat. Terjadilah
Pembatasan Sosial Berskala Besar atau disingkat PSBB. Akibatnya, hal‐hal yang tadinya dilakukan secara langsung berubah menjadi online, dari bekerja hingga sekolah.

Sekolah online bikin siswa, guru, dan orang tua untuk semakin melek teknologi. Ketika melakukan proses pengajaran secara daring, guru membutuhkan absensi untuk mengetahui siapa saja yang hadir pada saat jam pelajaran.

Solusi mudahnya adalah membuat absensi secara online. Ga perlu repot‐repot manggilin satu‐satu, apalagi kalo muridnya banyak. Itu bakal menyita banyak waktu.

Banyak website gratis yang bisa digunakan untuk membuat absen online ini. Salah satunya yaitu google form. Hampir semua guru membuat absen dengan google form. Selain mudah, tapi juga terdapat banyak fitur yang berguna.

Sebab itu, pada kesempatan ini, kami akan memaparkan cara membuat absen di google form.

Cara Membuat Absen di Google Form

  1. Memiliki akun google
    Langkah pertama yang sangat penting adalah kamu harus punya akun googel atau gmail untuk masuk google form.
  2. Buka google form
    Cara membuat absen di google form selanjutnya adalah membuka google form. Bisa dibuka dengan browser atau google drive. Kamu akan diminta log in terlebih dahulu, kalau ternyata udah log in akan langsung masuk ke google form atau drive.
  3. Buat folder di google drive
    Kalau kamu memilih untuk membuka google form dengan google drive, maka kamu bisa membuat folder terlebih dahulu. Kasih judul folder tersebut, misalnya “Absensi kelas 7”, kemudian buka folder itu, lalu klik kanan. Akan ada pilihan google form, tinggal klik deh.
  4. Membuat judul
    Langkah ke empat cara membuat absen di google form yaitu ketika google form sudah terbuka. Kamu akan masuk di halaman pertama. Isi bagian “Formulir Tanpa Judul” dengan judul yang kamu mau. Lalu isi kolom deskripsi dengan keterangan. Misalnya “Absensi semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021.
  5. Isi kolom
    Di kolom pertanyaan pertama, kamu bisa kasih judul “Hari/Tanggal” ini untuk mempermudah merekap absennya. Di sebelah kanan pertanyaan, kamu bisa memilih jenis jawabannya berupa tanggal. Jadi ketika mengisi, siswa hanya mengklik tanggal yang tersedia.
  6. Menambah kolom pertanyaan
    Langkah cara membuat absen di google form bagian ini dilakukan jika memang masih ada pertanyaan yang ingin ditambah. Kamu bisa klik lingkaran bertanda plus/tambah.

    Maka kolom pertanyaan akan bertambah. Cara lain dengan mengklik ikon berganda, yang berada di samping ikon tong sampah. Namun, itu sama saja dengan mengcopy kolom sebelumnya.
  7. Isian singkat
    Pada google form, ada banyak pilihan cara untuk menjawab, salah satunya isian singkat. Misalnya ada kolom pertanyaan “Nama Lengkap” kamu dapat mengganti jenis jawaban menjadi isian singkat.
  8. Membuat Pilihan Berganda
    Cara membuat absen di google form berikutnya adalah membuat pilihan berganda. Di kolom tertentu, misalnya kamu ingin membuat pertanyaan “Kelas”, jenis jawabannya bisa diganti menjadi pilihan ganda.

    Kemudian tinggal ketik nama kelas, misal 7A. Jika ingin menambahkan pilihan tinggal enter. Jadi siswa hanya tinggal mengklik.
  9. Mengganti Tema
    Biar ga bosen dengan warna google form yang itu‐itu aja. Kamu bisa mengganti temanya, dengan mengklik bagian sebelah kanan atas yang bergambar seperti palet lukis.
  10. Pengaturan
    Pada bagian pengaturan, kamu bisa mengatur agar siswa hanya dapat mengisi satu kali. Biar ga ada absen yang double. Ini merupakan cara membuat absen di google form yang tak kalah penting.
  11. Membuat link
    Bertujuan agar siswa dapat mengaksesnya. Setelah dirasa pertanyaan yang kamu buat sudah cukup, kamu tinggal buat link, dengan cara klik “kirim” pada bagian kanan atas.

    Setelah itu, klik ikon link. Centang bagian “Perpendek URL” agar linknya tidak panjang. Setelah itu klik salin dan bagikan kepada siswa. Absen kamu sudah jadi.
  12. Memastikan google form berfungsi
    Setelah mengikuti semua cara membuat absen di google form. Kamu bisa mencoba google form tersebut berfungsi apa engga. Tinggal copy‐paste link google form mu ke browser, kemudian isi sesuai yang diminta.

    Kamu dapat melihat respon atau yang mengisi dengan klik respon pada bagian pembuatan google form tadi, kemudian pilih tanda plus hijau. Maka hasilnya keluar dan akan kelihatan jelas waktu mereka absen.

    Jadi, ga usah perlu takut absen akan dimanipulasi.
    Itulah cara membuat absen di google form melalui laptop. Sebenarnya, melalui laptop ataupun handphone caranya kurang
    lebih sama, cuma tata letaknya aja yang beda.
Pencarian berdasarkan kata kunci Cara Membuat Absen Di Google Form,Cara Membuat Absen Di Google Form Dengan Batas Waktu,Cara Membuat Absen Di Google Form Di Hp,Cara Membuat Absensi Di Google Form,Cara Membuat Link Absen Di Google Form

Leave a Reply

Your email address will not be published.