Breaking News
cara instal ulang window 7

Cara Instal Ulang Window 7 Dengan Benar Dan Aman

Jika kamu merasa bahwa loading terlalu lama menghambat kinerja PC Windows 7 kamu. Mungkin sudah waktunya untuk menginstal ulang OS. Dari masalah registri hingga malware hingga dipenuhi dengan sejumlah besar perangkat lunak yang tidak perlu, penginstalan OS baru dapat mengatasi beberapa masalah umum. Jika PC kamu dilengkapi dengan disk pemulihan dari pabrik, kemungkinan PC kamu memiliki beberapa opsi penginstalan ulang yang berbeda yang bertujuan untuk menghidupkan dan menjalankan mesin kamu.

Jangan ragu untuk melihat panduan kami tentang cara mempercepat Windows juga. Selain itu, jika kamu mengalami masalah saat menggunakan Windows 7, kami menjelaskan cara memperbaiki masalah Windows 7 yang sudah dikenal.

Sayangnya, Microsoft tidak lagi menawarkan dukungan resmi untuk Windows 7 sejak 14 Januari 2020, yang membuat pengguna hanya memiliki sedikit pilihan jika PC mereka tidak berfungsi. Karena itu, tidak disarankan menggunakan Windows 7 di perangkat kamu. Jika kamu memutuskan untuk mengabaikan saran ini, harap diperhatikan bahwa kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau masalah yang mungkin terjadi.

Siapkan kunci CD / Serial Windows 7 kamu

Setelah kamu selesai menginstal Windows 7, OS akan meminta kamu untuk memasukkan kunci CD / Serial-nya. Kunci ini memungkinkan Microsoft untuk memeriksa apakah kamu memiliki salinan resmi Windows 7 yang sah, meskipun pembaruan tidak lagi tersedia. Menghindari pop-up terus-menerus dari Windows yang meminta kamu untuk memvalidasi penginstalan dengan kunci juga merupakan bonus yang bagus.

Pastikan untuk memiliki ini – Jika pemulihan PC kamu atau disk Windows 7 datang dengan kantong kertas atau plastik, kuncinya mungkin ada di sana. Mengingat bahwa Windows 7 tidak lagi didukung, kunci ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan salinan sah Windows 7 dari Microsoft.

Cara mencadangkan data kamu

Apa pun jenis penginstalan Windows yang kamu pilih, selalu ada baiknya untuk mencadangkan data kamu sebelum memulai proses. Lihat panduan kami tentang cara mencadangkan PC kamu jika kamu lebih suka panduan langkah demi langkah atau pilihan teratas perangkat lunak pencadangan gratis terbaik kami jika kamu mencari beberapa opsi kualitas yang dapat digunakan untuk membuat salinan cadangan data kamu. . Memiliki salinan tambahan dari data kamu untuk diamankan bukanlah ide yang buruk jika terjadi kesalahan selama proses instalasi.

Cara mengatur media instalasi kamu

Jika kamu memiliki salinan disk yang aslinya disertakan dengan komputer kamu atau salinan Windows lainnya dalam bentuk CD atau DVD, lompat ke halaman berikutnya untuk mempelajari tentang jenis penginstalan. Jika tidak, kamu harus membuat disk instalasi ulang Windows 7 terlebih dahulu baik dengan memuat gambar ke drive USB atau dengan membakarnya ke DVD, yang kami uraikan di bawah ini.

Cara mendapatkan salinan Windows 7

Jika kamu belum memiliki disk penginstalan Windows, kamu dapat mendownload salinan baru dari sistem operasi Microsoft. Perlu diingat bahwa kamu masih memerlukan kunci serial yang cocok dan sah untuk mengaktifkan Windows 7.

Setelah kamu mengunduh Windows 7 yang sesuai, buka halaman alat unduh USB / DVD Windows 7 ini dan klik tautan unduhan yang terletak di bawah bagian Instalasi halaman. Kemudian, instal alat tersebut dan ikuti petunjuk di layar. Saat alat tersebut berjalan, kamu harus memilih ISO Windows 7 yang kamu unduh, lalu beri tahu alat unduh USB / DVD Windows 7 apakah kamu ingin membakar file itu ke flash drive USB atau DVD.

Cara memilih jenis instalasi

Pastikan disk instalasi Windows baru atau drive USB kamu telah dimasukkan ke dalam PC kamu, kemudian restart sistem kamu. Saat PC kamu booting, kamu akan mendapatkan prompt untuk menekan sembarang tombol untuk boot dari disk atau flash drive. Lakukan. Setelah kamu berada di program penyiapan Windows 7, klik Pasang. kamu akan melihat salah satu dari dua opsi penginstalan – Upgrade dan Kustom (Lanjutan).

Jika kamu memilih Upgrade, Windows akan membiarkan file dan program kamu tetap utuh saat mengganti file sistem utama dan mengubah beberapa pengaturan. Memilih Upgrade pada dasarnya membuat kamu tidak perlu menginstal ulang semua aplikasi dan memulihkan data kamu dari cadangan, tetapi tidak memberikan perawatan pembersihan pegas penuh pada PC kamu. Namun, jika kamu memilih Kustom, file dan program kamu tidak akan disimpan.

Meskipun mungkin hanya ada satu opsi penginstalan yang tersedia untuk kamu pilih bergantung pada konfigurasi sistem kamu, kemungkinan besar kamu akan memiliki partisi kecil berlabel Sistem Dicadangkan jika kamu menggunakan Windows Vista atau versi Windows sebelumnya.

Mulailah dengan memilih drive atau partisi mana yang ingin kamu gunakan untuk instalasi OS baru kamu. Ini akan membantu jika kamu menahan diri dari memformat ulang atau menginstal Windows pada partisi Cadangan Sistem, meskipun kemungkinan akan terlalu kecil untuk mengakomodasi penginstalan OS penuh. Melakukan ini akan meminimalkan kemungkinan kamu mengalami komplikasi terkait. Karena menginstal ulang Windows 7 sudah menjadi proses yang membosankan, kamu tidak ingin berurusan dengan masalah lain.

Terus klik melalui program instal hingga proses dimulai. Menyalin file Windows dan memperluas file pengaturan mungkin memerlukan waktu agak lama, jadi jangan ragu untuk membiarkan PC kamu sendiri selama sekamur 15-20 menit. Komputer kamu kemungkinan besar akan restart setidaknya sekali selama proses tersebut, tetapi seharusnya segera

Terus telusuri program penginstalan hingga proses sebenarnya dimulai. Proses penyalinan dan penyiapan mungkin memakan waktu cukup lama, jadi silakan tinggalkan PC kamu untuk mengurus beberapa hal selama beberapa menit – 15-20 sudah cukup untuk memulai. PC kamu mungkin restart satu kali atau lebih selama proses ini, tetapi itu harus selalu boot kembali ke proses instalasi jika ya.

Mendekati tahap akhir proses, penginstal akan meminta kamu untuk memberikan informasi. Informasi yang kamu berikan akan secara langsung memengaruhi semua penggunaan Windows 7 di masa mendatang, jadi kamu tidak boleh mengabaikan petunjuk arah atau memberikan tanggapan setengah hati atas pertanyaan yang diajukan.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan mencakup hal-hal seperti informasi zona waktu dan preferensi pengguna yang akan membantu menyesuaikan pengalaman Windows 7 kamu. Setelah sistem operasi aktif dan berjalan, jalankan Pembaruan Windows untuk memastikan semuanya terkini.

Proses menginstal ulang Windows 7 di komputer kamu bisa melelahkan, tetapi itu terbayar. OS dengan pembaruan dan penginstalan terbaru akan berjalan secepat dan seefisien PC baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.