Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam dengan Mudah

Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam dengan Mudah

Jika Anda mempunyai hp yang terpisah dari baterainya, maka akan sangat mudah mengatasi saat terkena air. Hanya dengan melepas baterainya dengan segera agar tidak terjadi hp konslet kena air. Namun bagaimana dengan cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam?

Semakin kesini, banyak HP yang menggunakan baterai tanam. Hal ini karena terdapat beberapa kelebihan daripada yang bisa dilepas. Namun tentunya terdapat trik khusus yang harus Anda ketahui sebelumnya.

6 Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam

Berikut adalah beberapa cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam yang bisa Anda coba:

Sesegera Mungkin Matikan HP

Jika Hp Anda baterai tanam dan terkena air, maka segera matikan HP dengan menekan lama tombol power. Hal ini berguna untuk menghindari korsleting arus listrik.

Setelah mati, Anda dapat mengelap bagian luar dari HP sampai kering. Setelah itu, biarkan pada suhu ruangan beberapa saat untuk memastikan benar-benar kering.

Jangan coba untuk charge HP meskipun dalam keadaan baterai HP, karena akan terjadi korsleting dan memperparah rusaknya HP.

Jangan Menggunakan Hair Dryer atau Menjemurnya

Ketika HP terkena air, Anda tentu berpikir bagaimana cara cepat mengeringkannya. Salah satunya menggunakan hair dryer atau bahkan menjemurnya di bawah sinar matahari. Padahal, cara tersebut justru tidak baik untuk Anda lakukan.

Hal ini karena panas yang berlebih dapat merusak komponen pada HP Anda. Jadi justru semakin memperparah kerusakan. Selain itu, air justru akan menguap dan membuat banyak uap air yang muncul di LCD.

Buka Seluruh Penutup

Cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam selanjutnya adalah dengan membuka seluruh penutup. Baik itu casing, penutup lubang charger dan headset (jika ada), dan tempat sd card maupun kartu perdana.

Hal ini berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan handphone itu sendiri. Selain itu, Anda juga bisa lebih detail membersihkan air yang masuk pada setiap lubang atau sela-sela lainnya.

Gunakan Silica Gel

Jika Anda memiliki banyak persediaan silica gel, maka Anda bisa dengan segera menerapkan cara satu ini. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Letakkan silica gel pada suatu wadah yang tertutup
  2. Simpan hp Anda bersama dengan silica gel, lalu tutup rapat wadah tersebut.

Hal ini karena silica gel dapat berfungsi untuk menyerap air dan mengurangi kelembapan pada ponsel Anda, sehingga dapat cepat mengering.

Taruh Pada Tumpukan Beras

Cara mengatasi hp kena air menggunakan dengan beras ini cukup populer di masyarakat. Cara kerjanya juga hampir mirip dengan silica gel. Jadi jika Anda tidak mempunyainya, bisa menggunakan beras sebagai pengganti. Caranya yatu:

  1. Tuang beras kedalam suatu wadah.
  2. Simpan HP Anda yang terkena air di dalamnya.

Tumpukan beras memiliki suhu yang hangat. Hal ini kemudian dapat mengeringkan percikan air yang masih tersisa dalam handphone, sehingga HP bisa benar-benar kering.

Segera Bawa Ke Service HP

Jika HP Anda tetap tidak bisa menyala setelah melakukan berbagai cara, maka cara memperbaiki hp total kena air terakhir adalah dengan membawa ke service HP.

Jangan menunda-nunda, semakin cepat Anda membawanya, maka semakin cepat masalah tersebut teratasi dan rusaknya tidak tambah parah.

Sampaikan keluhan bahwa hp Anda habis terkena air. Maka pihak service akan menanganinya. Dalam jangka beberapa hari, HP Anda pasti sudah bisa menyala kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam, selamat mencoba, semoga berhasil