Breaking News
6 Aplikasi Wajib untuk Pelajar untuk Pembelajaran Daring

6 Aplikasi Wajib untuk Pelajar untuk Pembelajaran Daring

Aplikasi wajib untuk pelajar tentu sangat penting bagi setiap siswa atau mahasiswa. Terutama dalam sistem pembelajaran dari seperti ini, yang mengharuskan setiap pelajar mengakses pelajaran menggunakan smartphone atau laptop.

Jadi pastikan sebelum memulai sekolah atau kuliah daring, Anda sudah mendownload aplikasi berikut ini untuk membantu kegiatan belajar. Lalu apa saja aplikasi yang wajib dimiliki remaja untuk proses pembelajaran? Yuk, simak artikel berikut ini.

WPS Office

Aplikasi wajib untuk pelajar satu ini tentu banyak yang sudah mengenalnya. Dengan WPS Office Anda bisa membuka dokumen berupa word, excel, pdf, ppt, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengedit serta membuat dokumen baru dri sana.

Tentu hal ini akan mempermudah Anda dalam proses pembelajaran. Jadi tidak perlu memindah dokumen ke laptop atau PC terlebih dahulu. Jadi Anda bisa belajar dari dokumen tersebut melalui smartphone.

Camscanner

Aplikasi bermanfaat untuk mahasiswa dan siswa selanjutnya yaitu camscanner. Dengan aplikasi ini Anda dapat scan tugas atau pekerjaan rumah dengan jelas. Jadi ketika akan mengirimkan jawaban tugas, uts, uas yang berasal dari tulisan tangan akan lebih mudah.

Aplikasi camscanner ini juga tersedia dalam versi pro yang menawarkan hasil scan tanpa watermark, dengan ketentuan berbayar. Tapi jangan khawatir, dengan versi gratisan Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas yang bagus.

Zoom dan Google Meet

Dua aplikasi ini merupakan aplikasi virtual meeting yang semenjak pandemi ini menjadi trending. Dengan dua aplikasi ini, Anda dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka atau synchronous secara jarak jauh.

Antara zoom dan google meet tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Aplikasi zoom menawarkan fitur yang lebih banyak dan bisa untuk banyak peserta, namun lebih banyak memakan kuota. Serta akun gratis hanya mendapat waktu meeting 40 menit.

Jika Anda menginginkan versi gratisan yang lebih lengkap, maka google meet sangat tepat untuk alternative pilihan. Selain itu, aplikasi ini juga lebih menghemat kuota.

 

Google Classroom

Jika google meet mempermudah pembelajaran secara synchronous, maka Google classroom ini akan membantu para pelajar dalam pertemuan non tatap muka.

Mekanisme aplikasi ini seperti kelas, dimana guru dapat membuat kelas baru. Di dalam kelas tersebut, guru dapat memasukkan materi, memberikan presensi, input tugas, kuis, dan lain sebagainya. Kemudian Anda sebagai siswa dapat bergabung dengan memasukkan kode kelas tersebut dan terlibat dalam pembelajaran di dalamnya.

My Study Life

Kesulitan mengatur jadwal saat pembelajaran daring? Merasa banyak tugas atau deadline? Aplikasi wajib untuk pelajar satu ini wajib Anda install di smartphone.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengatur jadwal kegiatan sehari-hari. Selain itu, Anda juga dapat mendaftar berbagai tugas atau hal yang harus dikerjakan berupa to-do-list. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan jadwal kuliah atau sekolah, sehingga tidak mudah lupa.

Forest: Stay Focused

Forest ini merupakan aplikasi untuk belajar yang sangat berguna dan harus pelajar miliki. Aplikasi ini membuat kita untuk tetap fokus mengerjakan tugas atau deadline tanpa terdistract membuka hp.

Sistem dari aplikasi ini, Anda mengatur berapa menit waktu untuk fokus. Kemudian forest akan menghitung waktu mundur sampai waktu selesai. Jika Anda membuka smartphone sebelum itu, maka tanaman yang Anda tanam akan layu. Jika berhasil sesuai target, Anda berhasil memperoleh satu tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.