Breaking News
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Salah satu masalah yang sering muncul dari laptop adalah keyboard error. Entah itu beberapa tombol tidak bisa, ngetik sendiri, atau eror semuanya. Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu harus tahu cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

Cara yang akan kami sampaikan ini sebenarnya tidak bisa mengatasi sepenuhnya. Karena satu laptop dengan laptop lain tentu memiliki permasalahan yang berbeda. Keyboard laptop tidak bisa mengetik pada dasarnya disebabkan oleh banyak hal.

Penyebab Laptop Keyboard Tidak Berfungsi

Ada banyak hal yang menyebabkan laptop keyboard error. Penyebabnya akan kami bagi menjadi dua jenis yaitu sebab eksternal dan sebab internal. Dua sebab ini tentu memiliki penanganan yang berbeda.

Sebab internal lebih berurusan dengan driver ataupun software. Selain itu, serangan virus boleh jadi bisa merusak sistem pengetikan keyboard laptop yang kamu miliki. Sebab internal ini penangannya lebih murah.

Sedangkan sebab eksternal itu timbul dari kesalahan pemakainya. Seperti terkena air, kemasukan debu hingga menumpuk, diketik terlalu keras, dan masih banyak lagi. Sebab eksternal ini solusinya adalah mengganti keyboardnya.

5 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dengan Gampang

Dari sebab eksternal dan internal itu, kamu bisa menyelesaikannya dengan beberapa cara yang akan kami bahas ini. Cara yang akan kami jelaskan tentu tidak bisa menjawab sepenuhnya. Karena setiap laptop tidak memiliki problem yang sama.

1.   Restart Laptop

Jika kamu merasa keyboard kamu ngetik-ngetik sendiri, maka solusinya pertama adalah boot ulang laptop kamu. Metode ini mungkin bisa menjadi cara mengatasi keyboard laptop error ngetik-ngetik sendiri. Namun kami tidak bisa menjaminnya.

JIka masalahnya ringan, mungkin bisa saja selesai. Namun jika sudah disebabkan oleh hardware yang rusak, maka restart tidak akan merubah apapun. Maka dari itu, cara yang paling pertama ini bisa kamu coba.

2.   Cek dan Instal Driver Keyboard

Cara kedua ini bisa menjadi metode mengaktifkan keyboard laptop. Karena memang semua hardware di dalam laptop memiliki driver sendiri-sendiri. Sehingga, jika keyboard tidak berfungsi, maka ada kemungkinan sedikit drivernya bermasalah.

Beberapa masalah driver yang sering dijumpai adalah:

  • Driver belum terinstal di dalam laptop
  • JIka tidak, Driver belum update
  • Atau mungkin driver mengalami error
  • Kemungkinan terakhir adalah, driver belum aktif

Sebenarnya, tanpa driver yang sengaja di install pun, keyboard sudah bisa aktif dengan sendiri. Namun, cara ini tetap bisa kamu coba. Cek driver yang ada di dalam laptop kamu dengan mengakses “Device Manager”.

Ketika kamu mendapati masalah keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali, maka satu kemungkinannya adalah driver keyboard belum diinstal. Maka dari itu, pastikan kamu sudah cek dan menginstal drivernya.

Cara mencari driver keyboard juga sangat gampang. Kamu bisa download di internet maupun mencari driver laptop kamu di official website merk laptop yang kamu miliki. Setelah kamu downlod, kamu bisa menginstallnya.

3.   Perbaiki Pengaturan Keyboard

Sudah instal driver, namun tetap tidak bisa? Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Cara ini adalah cara setting keyboard agar berfungsi seperti semula. Kamu harus mengakses Ease of Access.

Pada bagian itu, kamu tekan tombol “Make the Keyboard easier to use”. Setelah itu, pada set up filter key, kamu uncheck semuanya. Tindakan ini dilakukan agar keyboard berfungsi seperti semestinya.

Namun tetap tidak menjamin 100% keyboard kamu akan berfungsi kembali. Karena cara mengatasi keyboard laptop error hanya bisa digunakan jika masalahnya adalah bagian software. Jika hardware, maka hal itu tidak akan memberikan dampak apapun.

4.   Buka dan Bersihkan Kotoran dalam Keyboard

Cara yang satu ini bisa kamu terapkan jika tiga cara sebelumnya tidak berhasil. Karena terkadang, banyak banget debu yang menempel di bawah keyboard. Dimana, debu ini sangatlah mengganggu kinerja dari keyboard.

Aliran listrik yang disalurkan oleh keyboard menjadi terganggu. Maka tidak heran jika beberapa keyboard kadang tidak berfungsi. Cara membersihkan kotoran debu dari keyboard pada dasarnya tidak sulit.

Kamu hanya perlu kuas dan carilah debu di bawah keyboard laptop kamu. Jika kamu ingin lebih bersih, kamu bisa membuka laptop kamu dan melepas keyboard internalnya. Setelah itu, bersihkan debu yang menempel di permukaan keyboard.

Boleh jadi, cara ini efektif untuk keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian. Jika debunya sudah hilang, kamu bisa coba kembali cek fungsi keyboard kamu. Jika tetap tidak bisa, maka kamu harus memakai cara terakhir untuk mengatasi keyboard laptop yang error ini.

5.   Beli Keyboard yang Baru

Jika empat cara sebelumnya tetap gagal, terpaksa kami merekomendasikan untuk mengganti keyboard kamu. Karena dapat dipastikan, keyboard kamu memang rusak dari hardware-nya.

Sehingga, bagaimanapun pengaturan sistem yang dilakukan, hal itu tidak akan berfungsi. Karena memang hardware-nya yang rusak. Maka dari itu, lebih baik kamu segera membeli keyboard baru untuk laptop kamu.

Tips Ganti Keyboard Laptop Agar Lebih Murah

Jika kamu sudah melakukan segala cara, namun tetap tidak bisa. Maka solusinya adalah mengganti keyboard laptop yang kamu miliki. Jika kamu khawatir harganya mahal, kamu bisa memakai tips ini agar lebih mudah.

Cobalah membeli keyboard internal di marketplace Indonesia, setelah itu lihatlah cara mengganti keyboard di Youtube. Sembari melihat Youtube, kamu bisa langsung mempraktekkannya pelan-pelan.

Demikian sedikit ulan bagaimana cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang paling efektif. Setiap laptop tentu memiliki problem masing-masing. Sehingga pastikan kamu sudah mengidentifikasinya, sehingga bisa menentukan cara mana yang paling efektif untuk mengatasi keyboard laptop yang error.

Leave a Reply

Your email address will not be published.