Breaking News
penyebab wifi lemot

23 Penyebab wifi lambat atau lemot ketika di gunakan

Jaringan Internet Wifi memenang selalu menjadi masalah kita kita sedang berselancar di dunia internet entah itu sedang melakukan aktivitas browsing, searching, menonton video ataupun mengedit foto, semua aktifitas itu menjadi lambat dari biasanya karena jaringan wifi nya yang kurang stabil membuat kita menjadi kesal, tetapi tenag tulisan memberikan pencerahan buat kamu yang sedang mengalami masalah dalam wifi.

Berikut adalah 23 penyebab wifi kamu lemot atau lambat ketika di gunakan :

1. Tembok Bangunan

Sejauh ini, tembok bangunan adalah salah satu masalah terbesar dengan Wi-Fi yang lambat.
Itu karena semua sinyal RF seperti WiFi, seluler, dan radio AM / FM mudah terganggu oleh logam, batu bata, kayu dan tembok lainnya.

Memiliki rumah bergaya tata letak terbuka akan membantu dengan jangkauan WiFi, tetapi jika kamu memiliki dinding tebal, furnitur dan lemari besar, dan logam atau kaca hemat energi di sekelilingnya, ini menghalangi sinyal untuk menjangkau ponsel kamu secara efektif.

2. Posisi penempatan router yang tidak pas

Menempatkan router kamu di lantai, di rak bawah, atau di belakang furnitur lain pasti dapat menurunkan kinerja WiFi. Jika kamu bisa menempatkan lokasi router setinggi mungkin, kamu dapat memperluas jangkauan antena router.

3. Jarak router terlalu jauh

Sinyal WiFi berasal dari router. Jadi semakin jauh kamu dari router, semakin lemah sinyal dan kecepatannya.
Biasanya yang terbaik adalah memiliki router di tengah rumah dengan penggunaan internet paling tinggi – ruang tamu, kantor, dan kamar tidur. Rumah yang lebih besar mungkin memerlukan perluasan WiFi untuk mendorong sinyal yang membutuhkan jangkauan seperti WiFi atau kamera keamanan luar ruangan.

4. Perbarui Firmware Router

Perhatikan bahwa kamu harus memperbarui sistem operasi smartphone kamu setiap beberapa bulan atau lebih untuk mendapatkan manfaat terbaik. Prinsipnya sama dengan semua perangkat: memperbarui driver, firmware, dan sistem operasi memperkenalkan pembaruan kinerja dan perbaikan keamanan untuk meningkatkan kualias router.

5. Router sudah terlalu Lama

Router yang lebih dari 5 tahun pemakaian mungkin tidak memenuhi stkamur terbaru (802.11ac / Wi-Fi 5) atau menyediakan dukungan dual-band simultan untuk 2,4 GHz dan 5 GHz. Terutama jika menyangkut unit router / modem yang disediakan ISP, mungkin sudah waktunya untuk mengupgrade ke yang terbaru dan terbaik.

6. Antena Router Lemah

Banyak router memiliki antena eksternal atau yang dapat dilepas karena satu alasan kemampuan untuk ditingkatkan,memasang antena dengan posisi yang lebih tinggi dan lebih kuat memberikan jangkauan, efisiensi, dan kecepatan yang lebih bagus. Pastikan kamu mendapatkan jenis antena yang tepat untuk jangkauan umum atau untuk jangkauan spesifik yang lebih jauh.

7. Periksa Koneksi Kabel

Banyak router atau modem masih menggunakan kabel RG-6 koaksial untuk menghubungkan internet darat. Koneksi kabel yang longgar pasti memengaruhi kinerja router kamu seperti pelari maraton dengan pergelangan kaki yang yang masalah, kencangkan kembali dan kencangkan konektor kabel. Pastikan juga kabel tidak tertekuk. Jika memungkinkan, periksa kabel dari dinding ke kotak kabel di luar. Keausan fisik apa pun akan berdampak pada kecepatan wifi.

8. Restart Router berkala

Sebagian besar elektronik tidak dibuat untuk berjalan terus menerus. Terkadang, satu-satunya hal yang diperlukan adalah restart sederhana untuk membantunya mengkalibrasi ulang dan kembali ke performa terbaik

9. perangkat yang di gunakan tidak mendukung

Tablet, smartphone, dan komputer yang kamu miliki memiliki kemampuan kecepatan yang berbeda. Tidak peduli seberapa cepat router atau modemnya, itu tidak bisa lebih cepat dari kecepatan perangkat yang kamu punya, terutama jika perangkat tersebut berusia lebih dari 4-5 tahun.

10. Menggunakan Terlalu Banyak Sumber Daya

Jika wifi kamu di gunakan oleh banyak orang atau banyak melakukan kegiatan obline seperti menjalankan Spotify,mengedit foto dan menonton video pada saat yang sama, hal itu akan membebani CPU dan RAM perangkat kamu semakin berat, dengan demikian akan memperlambat kinerja wifi di seluruh perangkat.

11. Hapus Riwayat Browser dan Cookie

Bagi orang-orang yang merasa browser web mereka sangat lambat, menghapus data browser, cookie, dan ekstensi yang tidak digunakan dapat meningkatkan kecepatan dan bisa meningkatkan kinerja browser dan wifi secara signifikan.

12. Restart Ponsel atau PC kamu

Seperti me-restsrt router, smartphone ataupun PC kmu juga harus di restart apabila mengalami wifi lemot cara ini terbukti efektif mengembalikan perporma perangkat menjadi lebih baik, hal ini termasuk membersihkan aplikasi yang terus berjalan di latar belakang yang menyebabkan kebocoran memori dan menggerogoti baterai kamu.

13. Aplikasi Bandwidth Hogging di Ponsel kamu

Jika router dan perangkat seluler berfungsi dengan baik, masalahnya mungkin pada aplikasi kamu. Beberapa aplikasi dapat menghambat koneksi dan memperlambat kecepatan Wi-Fi untuk semua orang. Misalnya email, layanan sinkronisasi file, dan aplikasi belanja terus-menerus menggunakan data, terutama di latar belakang. Banyak aplikasi yang terus diperbarui bahkan saat tidak digunakan. Gunakan pengaturan aplikasi kamu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini.

14. Perbarui Aplikasi

Aplikasi terus diperbarui oleh pengembang untuk kinerja dan kompatibilitas yang lebih baik. Jika kamu menemukan aplikasi kamu tidak berkinerja seperti dulu dan masih lamban setelah ponsel melakukan boot ulang, periksa untuk melihat apakah ada pembaruan yang tersedia.

15. Maslah Malware dan Virus

Situs web yang meragukan. Lampiran email tidak dikenal. Aplikasi atau perangkat lunak yang dipertanyakan. Mendownload virus komputer ke ponsel atau komputer kamu dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan, terutama jika hal itu memengaruhi kinerja dan keamanan perangkat kamu. Menjaga sistem operasi kamu tetap mutakhir, menginstal program antivirus, dan menggunakan akal sehat lama yang baik dapat membantu menghindari masalah.

16. Terlalu Banyak Perangkat yang Tersambung ke WiFi

Jadi inilah pertanyaannya, berapa banyak orang di rumah kamu? Berapa banyak perangkat WiFi yang mereka miliki  smartphone, tablet, laptop, sistem video game, dll. Banyak perangkat yang semuanya terhubung ke WiFi. jika semuanya tersambung secar bersamaan bisa menghabiskan bandwidth dan membuat wifi menjadi tidak oftimal

17. Gangguan Digital

Gangguan digital dapat terjadi karena sejumlah alasan, bisa dari sinyal nirkabel dari Wi-Fi, perangkat elektronik, menara seluler, satelit, dan sumber lainnya. Meskipun Wi-Fi biasanya menggunakan sinyal yang berbeda dari perangkat lain, beberapa router lama hanya menggunakan satu band pada satu waktu  2,4 GHz.

Namun, perangkat Bluetooth telepon nirkabel juga menggunakan rentang frekuensi 2,4 GHz yang sama. Tumpang tindih ini menyebabkan gangguan WiFi. Jika memungkinkan, coba sambungkan ke pita 5 GHz karena tidak terlalu padat atau coba pilih saluran lain.

18. Gangguan Saluran

Selain gangguan pita frekuensi, kamu juga dapat mengalami gangguan saluran. Misalnya, jika kamu tinggal di apartemen dan semua orang menggunakan ISP yang sama, router tersebut cenderung menggunakan saluran yang sama. Itu berarti setiap router di dalam gedung memiliki sinyal yang tumpang tindih yang menyebabkan interferensi. Untungnya, kamu dapat masuk ke pengaturan router dan beralih ke saluran yang tidak terlalu ramai.

19. Waktu Henti ISP / Jaringan Tersumbat

Terkadang, ISP mengalami downtime dan koneksi yang buruk, tidak ada yang sempurna itu bisa terjadi namun berurusan dengan jam sibuk internet sama nyatanya dengan lalu lintas Senin pagi. Terutama setelah orang-orang pulang kerja atau bermalas-malasan di akhir pekan, ketika semua orang di lingkungan sekitar menggunakan internet pada saat yang sama, kemacetan terjadi dan kita semua duduk dalam antrean panjang itu.

20. Pembatasan Penyedia Layanan Internet (ISP)

Tahukah kamu berapa banyak data yang kamu gunakan setiap bulan? Rumah biasa menghabiskan lebih dari 200 GB per bulan. Semua email, maraton Netflix, sesi permainan, dan berjam-jam menjelajahi web menyebabkan penggunaan data yang tinggi. Sebagai tanggapan, banyak ISP yang membatasi kecepatan untuk pengguna data berat meskipun memiliki internet tidak terbatas.

21. Tingkatkan Paket kamu

Sebagian besar ISP menyediakan paket kecepatan internet berbeda beda tergantung harga yang di tawarkan, periksa untuk melihat apakah layanan kamu saat ini menggunakan paket termurah dan karena itu paling lambat. Jika kamu pengguna internet berat, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke versi yang lebih tinggi untuk unduhan super cepat.

22. Seseorang Mencuri WiFi kamu

WiFi kamu harus dilindungi sandi, pastikan kata sandi kamu kuat dan bervariasi, tidak mengunakan sandi “123456” atau “password” atau “iloveyou” bukanlah kata sandi yang kuat.

23. Ubah Pengaturan DNS

Ketika seseorang mengetik alamat situs web ke dalam browser mereka, komputer secara otomatis menggunakan DNS untuk mengubah alamat tersebut menjadi alamat IP yang dapat dipahami. Dalam beberapa kasus, komputer menggunakan server DNS yang mengalami masalah. Router kamu biasanya menggunakan server DNS ISP kamu, tetapi itu tidak menjamin kecepatan. DNS yang lebih baik dapat membantu mempercepat waktu pemuatan.

Nah itu dia 23 penyebab wifi di rumah kamu lambat semoga dengan tulisan ini kamu bisa segera memperbaiki nya dan kamu bisa kembali berselancar di dunia online dengan cepat dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.