Breaking News

1) jelaskan perbedaan antara permintaan dan penawaran ?
2)sebutkan fungsi permintaan

Jawaban

  1. Perbedaan permintaan dan penawaran adalah permintaan datang dari konsumen sedangkan penawaran datang dari produsen. Semakin tinggi harga barang, maka permintaan barang akan menurun. Sementara semakin tinggi harga barang, maka penawaran semakin meningkat.
  2. fungsi permintaan Qd=a-b. Pd

Penjelasan:

  1. Penawaran adalah Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
    Harga barang itu sendiri.
    Harga sumber produksi.
    Tingkat produksi.
    Ekspektasi/perkiraan.
    Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan:
    Harga barang itu sendiri.
    Harga barang lain yang berkaitan.
    Tingkat pendapatan.
    Selera konsumen.
    Ekspektasi/perkiraan.

Dengan demikian, perbedaan permintaan dan penawaran adalah permintaan datang dari konsumen sedangkan penawaran datang dari produsen. Semakin tinggi harga barang, maka permintaan barang akan menurun. Sementara semakin tinggi harga barang, maka penawaran semakin meningkat.

  1. Fungsi permintaan dalam ilmu ekonomi adalah sebuah fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta oleh masyarakat.
    Rumus :
    Qd=a-b. Pd
    keterangan :
    a dan b= nilai konstanta
    Qd= barang yang diminta
    Pd= harga barang yang diminta