Breaking News

Gaji atau upah diberikan kepada karyawan sebagai imbalan jasa atas keterlibatannya dalam proses produksi tujuan pemberian gaji tersebut

Gaji atau upah diberikan kepada karyawan sebagai imbalan jasa atas keterlibatannya dalam proses produksi tujuan pemberian gaji tersebut untuk menghargai prestasi karyawan, menjamin keadilan gaji karyawan, mempertahankan karyawan atau mengurangi turnover karyawan, memperoleh karyawan yang bermutu, pengendalian biaya, dan memenuhi peraturan-peraturan.

Pembahasan.
Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan/perusahaan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja, baik karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap. Di Indonesia sendiri ukuran gaji biasanya dilakukan dalam periode per bulan. Sistem gaji atau upah yang diterapkan oleh satu perusahaan biasanya tidak sama dengan perusahaan lainnya. Misalnya, ada perusahaan yang memberikan upah saja tanpa tunjangan. Tetapi ada pula perusahaan yang menambahkan insentif sebagai perangsang kinerja karyawan. Pemberian gaji karyawan oleh perusahaan memiliki tujuan tertentu. Diantaranya adalah untuk menghargai prestasi karyawan, menjamin keadilan gaji karyawan, mempertahankan karyawan atau mengurangi turnover karyawan, memperoleh karyawan yang bermutu, pengendalian biaya, dan memenuhi peraturan-peraturan.