Breaking News

Ekonomi syariah juga memiliki kebebasan ekonomi. Jelaskan maksudnya

Ekonomi syariah memiliki kebebasan ekonomi artinya ekonomi syariah memberikan kebebasan kepada para pelaku ekonomi untuk bertindak sesuai hak dan kewajiban mereka dalam menjalankan perekonomian dan kegiatan yang dilakukan haruslah positif sesuai ajaran yang berlaku dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Penjelasan:
Ekonomi syariah adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari masalah-masalah ekonomi berdasarkan prinsip syariah atau prinsip Islam. Di dalam ekonomi syariah terdapat kebebasan dalam ekonomi. Hal ini memiliki maksud bahwa para pelaku ekonomi memiliki kebebasan bertindak sesuai hak dan kewajiban mereka dalam menjalankan perekonomian. Kebebasan di sini mengandung arti bahwa seseorang diberi kebebasan dalam berfikir dan berperilaku dalam melakukan kegiatan ekonomi sesuai ajaran Islam. Selain itu, dalam menjalankan kegiatan ekonomi harus menerapkan kegiatan-kegiatan yang positif sesuai ajaran yang berlaku dan dapat mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Jadi, ekonomi syariah memiliki kebebasan ekonomi artinya ekonomi syariah memberikan kebebasan kepada para pelaku ekonomi untuk bertindak sesuai hak dan kewajiban mereka dalam menjalankan perekonomian dan kegiatan yang dilakukan haruslah positif sesuai ajaran yang berlaku dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.