Breaking News

harga barang komoditas di negara Y mengalami penurunan selama 2021.bagaimana kebijakan pemerintah terkait pemungutan pajak untuk meminimalisasi dampak kondisi tersebut pada perekonomian nasional?

Jawaban;
Pemerintah harus menurunkan tingkat pajak.

Penjelasan:
Perekonomian global yang melemah, termasuk di dalamnya perdagangan dunia, memiliki dampak pada penurunan harga komoditas. Harga komoditas suatu barang yang menurun dikarenakan permintaan global yang menurun. Penurunan harga komoditas yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak pada defisit neraca perdagangan yang makin melebar. Kebijakan yang dapat diambil pemerintah untuk meminimalisasi dampak kondisi tersebut pada perekonomian nasional adalah dengan menurunkan tingkat pajak. Tingkat pajak yang diturunkan dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsinya akan barang dan jasa, sehingga perekonomian nasional dapat terselamatkan karena harga barang komoditas yang semula mengalami penurunan dapat stabil kembali seiring dengan peningkatan permintaan.

Jadi, ketika harga barang komoditas mengalami penurunan, kebijakan yang diambil pemerintah adalah menurunkan tingkat pajak.