Breaking News

jelaskan bagaimana mekanisme transaksi di pasar modal

Jawabannya proses perdagangan efek di pasar modal dilakukan dengan menggunakan fasilitas JATS (Jakarta Automatic Trading System).

Pembahasan:
Proses perdagangan efek di pasar modal dilakukan dengan menggunakan fasilitas JATS (Jakarta Automatic Trading System). Calon pembeli saham pertama-tama harus menjadi nasabah di perusahaan efek, dengan syarat harus memiliki rekening dan tercatat oleh Biro Administrasi Efek (BAE). Setelah tercatat pada BAE, calon pembeli telah menjadi AB (Anggota Bursa) yang dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham.

Transaksi jual-beli dimulai dari investor (Anggota Bursa) yang melakukan order pembelian saham pada perusahaan efek (perusahaan yang menjual sahamnya), kemudian diteruskan kepada petugas perusahaan efek yang ada di lantai bursa. Petugas di lantai bursa kemudian memasukkan pesanan ke sistem JATS. Di tahap ini terjadi komunikasi jual-beli antara broker (petugas perusahaan efek) dan investor.

Setelah order (pesanan) yang masuk ke JATS ini bertemu dengan harga yang muncul pada sistem JATS, maka transaksi sudah selesai, dan kemudian diinformasikan kepada investor.

Tahap akhir dari transaksi adalah penyelesaian transaksi dengan melakukan proses kliring atau transfer (pemindahbukuan) yang dilakukan oleh KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia), dan beberapa proses penyelesaian lainnya hingga investor memperoleh haknya yang berupa uang karena telah menjual saham, atau berupa saham yang dibelinya.

Jadi, jawabannya adalah Proses perdagangan efek di pasar modal dilakuka