Breaking News

APBN diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian. Dalam hal ini APBN memiliki fungsi

vA. distribusi D. alokasi
B. perencanaan E. stabilisasi

Jawaban yang tepat adalah opsi D.

Pembahasan
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah rencana keuangan negara yang dibuat oleh pemerintah pusat dan disetujui oleh DPR. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari – 31 Desember).

Fungsi APBN sebagai berikut.
1) Fungsi Otorisasi, anggaran negara menjadi dasar pelaksanaan pendapatan dan belanja setiap tahun anggaran agar pendapatan dan pembelanjaan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat

2) Fungsi Perencanaan, anggaran negara menjadi pedoman negara untuk merencanakan kegiatan.

3) Fungsi Pengawasan, anggaran menjadi pedoman untuk menilai kegiatan penyelenggaraan pemerintah sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

4) Fungsi Alokasi, anggaran diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.

5) Fungsi Distribusi, anggaran negara wajib memerhatikan keadilan dan kepatutan.

6) Fungsi Stabilisasi, anggaran pemerintah menjadi alat dalam memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian negara.

Dari pembahasan diatas, maka jawaban yang paling tepat adalah opsi D. Alokasi.