Breaking News

bagaimana jadinya kalau perusahaan tidak membuat laporan keuangannya?

Akibat dari perusahaan yang tidak membuat laporan keuangan adalah perusahaan tersebut tidak tahu kondisi keuangan perusahaan, tidak tahu kinerja perusahaan, tidak tahu aset dan kewajiban yang dimiliki, dan tidak memiliki prospek usaha yang baik.

Penjelasan:
Laporan keuangan merupakan catatatan informasi keuangan suatu perusahaan berupa laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan neraca. Pentingnya laporan keuangan ini adalah dapat dipakai perusahaan untuk menggambarkan kondisi keuangan perusahaan, apakah keuangannya sehat atau tidak, jika kurang sehat tentunya pihak perusahaan akan mencari strategi untuk menyelesaikannya. Selanjutnya jika perusahaan tidak membuat laporan keuangan, perusahaan tidak akan tahu kinerja dan pertanggungjawaban manajemen terhadap sumber daya yang telah dipercayakan.

Selain itu, akibat tidak membuat laporan keuangan adalah tidak tahu aset dan kewajiban yang dimiliki karena perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mengklasifikasikan aset yang berguna untuk mengembangkan usaha. Selanjutnya, akibat yang ditimbulkan adalah tidak memiliki prospek usaha yang baik karena perusahaan tidak tahu dengan jelas berapa lama produk dapat direspon pasar, berapa modal yang dimiliki, berapa keuntungan yang didapat, di mana hal ini menjadi dasar untuk pengambilan keputusan.

Jadi, akibat dari perusahaan yang tidak membuat laporan keuangan adalah perusahaan tersebut tidak tahu kondisi keuangan perusahaan, tidak tahu kinerja perusahaan, tidak tahu aset dan kewajiban yang dimiliki, dan tidak memiliki prospek usaha yang baik.