Breaking News

Angkatan kerja yang bekerja, tetapi sebetulnya menganggur jika dilihat dari produktivitasnya disebut pengangguran…

a. terbuka
b. terselubung
c. kentara
d. tidak kentara
e. sukarela

Jenis pengangguran dilihat dari intensitas kerjanya

  1. Pengangguran terbuk ((Open Unemployment)
    Penduduk usia kerja tetapi tidak mempunyai pekerjaan baik karena alasan belum mendapat pekerjaan, diberhentikan atau dibebas tugaskan.
  2. Pengangguran terselubung (Disquised Unemployment) adalah pengangguran yang terjadi karena tenaga kerja tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini disebabkan ketidaksesuaian pekerjaan dengan bakat dan kemampuan atau terlalu banyak tenaga kerja yang dipakai.
    Contoh: kantor mempunyai 5 orang pegawai, padahal pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan 4 orang pegawai, berarti adanya pemborosan atau kelebihan tenaga kerja sehingga ada satu orang yang tidak optimal dalam bekerja, orang tersebut lah dikatakan sebagai pengangguran terselubung.
  3. Setengah menganggur ( Under Employment). orang yang bekerja tetapi tidak secara penuh dan optimal secara terus-menerus karena tidak ada pekerjaan. Contoh; buruh tani penggarap sawah, setelah selesai musim tanam biasanya tidak bekerja secara optimal.

Oleh karena itu, jawaban B

Pencarian berdasarkan kata kunci https://beritaharianku com/3402/angkatan-kerja-yang-bekerja-tetapi-sebetulnya-menganggur-jika-dilihat-dari-produktivitasnya-disebut-pengangguran html