Breaking News

seberapa pentingkah keberadaan bank umum dalam kehidupan masyarakat? jelaskan

Jawaban: penting, untuk menghimpunan dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat.

Cermati penjelasan berikut ya!
Perbankan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting, khususnya bagi perekonomian masyarakat. Salah satu kategori dari perbankan di Indonesia adalah bank umum.

Bank umum adalah bank yang melakukan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Dalam kehidupan masyarakat keberadaan bank umum sangat penting, hal ini dapat diketahui dari fungsi bank umum itu sendiri sebagai berikut:

  1. Menghimpun dana dari masyarakat
    Kegiatan ini dilakukan dengan membuka berbagai produk tabungan, deposito, giro, atau bentuk simpanan lainnya.
    Sehingga masyarakat merasa aman dalam menyimpan uang. Untuk menjalankan fungsi penghimpunan dana, terdapat tiga sumber dana, yaitu:
    a. Dana yang bersumber dari bank tersebut yang berupa setoran modal waktu pendirian.
    b. Dana dari masyarakat yang dikumpulkan melalui usaha perbankan seperti simpanan giro, deposito, dan tabungan.
    c. Dana dari Lembaga Keuangan yang diperoleh dari pinjaman dana yang berupa Kredit Likuiditas dan Call Money yang memenuhi persyaratan.
  2. Menyalurkan dana kepada masyarakat
    Bank akan menyalurkan dana kepada pihak-pihak yang membutuhkan melalui sistem kredit atau pinjaman. Hal ini sesuai dengan fungsi perbankan yang menyalurkan dana kepada masyarakat atau nasabah. Pembelian surat-surat berharga, penyertaan, dan pemilikan harga tetap juga bisa diberikan bank. Dengan fasilitas tersebut, diharapkan mampu menyejahterakan kehidupan masyarakat. Serta menghasilkan usaha untuk mendukung pembangunan nasional.

Dengan demikian, keberadaan bank umum dalam kehidupan masyarakat sangat penting untuk menghimpunan dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat.