Breaking News

apa yang dimaksud dengan kesempatan kerja, tenaga kerja,dan angkatan kerja

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kesempatan kerja adalah banyaknya lowongan pekerjaan ang tersedia, tenaga kerja adalah penduduk usia kerja yang siap bekerja, dan angkatan kerja adalah penduduk yang bekerja dan menganggur.

Kesemptan kerja adalah peluang atau kondisi yang menunjukkan tersedianya lapangan pekerjaan bagi orang yang bersedia dan sangup bekerja. Angkatan kerja adalah
penduduk dalam usia kerja atau 15 tahun hingga 64 tahun, baik yang telah bekerja maupun yang belum bekerja. Bukan angkatan kerja adalah penduduk yang dianggap tidak mampu dan tidak mau untuk bekerja, walaupun ada permintaan pekerjaan. Menurut UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

Jadi, kesempatan kerja adalah banyaknya lowongan pekerjaan ang tersedia, tenaga kerja adalah penduduk usia kerja yang siap bekerja, dan angkatan kerja adalah penduduk yang bekerja dan menganggur.