Breaking News
Cara Mengatasi Video Yang Tidak Bisa Diputar di Google Drive HP

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Namun, keberadaan speaker di ponsel sangat penting. Tidak hanya dapat digunakan sebagai output untuk menghasilkan suara dan hiburan untuk mendengarkan musik dan video, tetapi keberadaan speaker memberi tahu kita saat ponsel menerima notifikasi saat berdering. Smartphone tanpa speaker bisa terasa sepi dan sunyi. Jadi masalah speaker HP Xiaomi juga tidak terlalu mengganggu.

Penyebab dan solusi mengatasi hp xiaomi tidak ada suara

Alasan tidak ada suara dari speaker HP XIAOMI
Bagi pengguna HP Xiaomi yang saat ini sedang mengalami masalah speaker, jangan panik dulu. Anda bukan satu-satunya dengan masalah seperti ini. Juga, masalah ini tidak selalu disebabkan oleh perangkat keras yang rusak. Ini mungkin karena kesalahan pengaturan atau masalah sistem. Daripada panik, yuk simak penyebab speaker ponsel Xiaomi ini tidak seperti berikut ini.

Sistem operasi memiliki bug
Setiap ponsel berpotensi mengalami kesalahan dalam sistem. Sekadar informasi, bug adalah cacat atau kerusakan pada perangkat lunak yang fungsinya tidak optimal karena kesalahan pembuatan. Karena ada bug di Android, hardware berupa speaker tidak berfungsi, jadi tidak ada suara. Kinerja perangkat keras sangat tergantung pada perangkat lunak dengan fungsi kontrol.

Sistem telepon yang gagal diperbarui
Selain masalah bug, speaker ponsel Xiaomi terkadang tidak berbunyi karena kegagalan pembaruan sistem ponsel. Beberapa jenis ponsel Xiaomi memberikan pembaruan rutin kepada penggunanya. Namun terkadang kegagalan dalam proses pembaruan justru dapat menyebabkan beberapa anomali perangkat keras. Kegagalan pembaruan biasanya disebabkan oleh jaringan Internet yang lambat atau pengguna tidak melakukan proses dengan benar.

Sambungkan ke headset atau speaker lain
Apakah ponsel Anda saat ini terhubung ke headset atau speaker lain? Coba cek dulu. Bisa jadi audio jack masih terpasang di ponsel atau menggunakan koneksi bluetooth yang masih terkoneksi. Sistem pada ponsel dirancang untuk mematikan speaker internal saat terhubung ke perangkat lain seperti headphone, airpods, earphone, speaker aktif, speaker bluetooth, dll.

perangkat keras yang rusak
Alasan terakhir mengapa speaker ponsel Xiaomi tidak berbunyi adalah kerusakan pada perangkat keras itu sendiri. Terkadang, speakerphone rusak seiring waktu. Ada juga kemungkinan kerusakan tersebut berasal dari faktor eksternal seperti terkena air, penyumbatan dengan pasir, debu, dll. Untuk memastikan ada kerusakan hardware, speaker harus dibongkar dan diperiksa.

Cara Mengatasi Speaker HP XIAOMI Tidak Ada Masalah

Singkatnya, kita sudah mengetahui berbagai alasan mengapa speaker ponsel Xiaomi tidak memiliki suara. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah seperti itu. Untuk menemukan solusi, Anda harus terlebih dahulu memeriksa sumber masalahnya. Jika sudah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengatasi speaker HP Xiaomi yang tidak mengeluarkan suara dengan mengikuti langkah-langkahnya.

Matikan mode senyap atau mode senyap
Langkah 1 Jika Anda lupa untuk tetap menggunakan mode senyap atau mode senyap, nonaktifkan sekarang. Ini akan memungkinkan speaker di ponsel Anda terdengar normal. Baik itu mendengarkan musik, memutar video atau memutar nada dering.

atur volume lebih keras
Selain mematikan mode senyap atau silent mode, coba naikkan volumenya. Semakin rendah pengaturan volume, semakin keras pengeras suara. Terkadang kita lupa mengecilkan volume hingga speaker benar-benar senyap. Jika perlu, tekan tombol speaker sepenuhnya untuk suara yang lebih keras.

Bersihkan partisi CHACHE
Jika memulai ulang speaker masih tidak ada suara, coba hapus partisi cache. Terkadang sejumlah besar file sistem sementara yang tersimpan di ponsel dapat menyebabkan fungsi perangkat keras tidak berfungsi, seperti masalah speaker ponsel Xiaomi yang tidak berdering. Hal ini disebabkan oleh akumulasi file kadaluarsa. File ini tidak dapat kami akses melalui file manager biasa. Berikut cara menghapus partisi cache:

Harap matikan ponsel Anda terlebih dahulu. Pastikan baterai ponsel Anda terisi setidaknya 70%.
Jika baterai habis, silakan tekan tombol volume atas + tombol volume bawah + tombol daya secara bersamaan untuk masuk ke mode pemulihan.
Jika Anda dalam mode pemulihan, gunakan tombol volume untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Tekan tombol daya secara bersamaan untuk memilih. Silakan pilih Hapus partisi cache.
Konfirmasi dan tunggu proses loading selesai. Semua file cache yang ada di ponsel kemudian akan dihapus.
Setelah selesai, kembalikan ponsel ke posisi normal dengan memilih menu restart. Tunggu hingga ponsel menyala kembali.

Pembaruan sistem yang tepat
Selanjutnya, Anda dapat memperbarui sistem Android yang disediakan oleh ponsel itu sendiri. Usahakan update dengan baik dan benar. Ikuti langkah-langkahnya secara berurutan dan tunggu prosesnya dengan sabar. Pembaruan yang gagal dapat berakibat fatal bagi telepon, sehingga banyak perangkat keras tidak berfungsi. Untuk melakukan pembaruan sistem, buka Pengaturan dan pilih menu Sistem. Klik Pembaruan Sistem di bagian paling bawah.