Breaking News
cara mengatasi application error 0xc0000005 windows 7

cara mengatasi application error 0xc0000005 windows 7

Saat mengoperasikan laptop, terkadang pengguna diberi tahu tentang kesalahan aplikasi 0xc0000005. Pemberitahuan ini biasanya terjadi saat pengguna membuka aplikasi dengan ekstensi .exe yang tidak berfungsi dengan benar. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Untuk itu, berikut ini berbagai cara mengatasi aplikasi error 0xc0000005 Windows 7 tergantung penyebabnya:

  1. Perbarui driver
    Aplikasi error 0xc0000005 pemberitahuan pada Windows 7 mungkin muncul karena driver rusak atau diperbarui. Cara ini tentunya membutuhkan koneksi internet karena ada proses download dan instalasi. Dengan sistem driver yang up-to-date, bug yang sudah ada sebelumnya kemungkinan besar akan hilang. Berikut cara memperbarui driver Anda:

Langkah pertama adalah membuka Windows 7 Device Manager.
Klik pada disk drive. Klik kanan drive yang ingin Anda perbarui dan pilih Perbarui Driver.
Kemudian, klik Pencarian Otomatis.
Pengguna harus menunggu hingga driver baru muncul sebelum memperbarui.
Jika tidak ada driver baru yang muncul, pengguna dapat mengunduh secara manual melalui internet dan memilih Browse my computer for software driver.

  1. Perbaiki file registri
    Salah satu cara untuk mengatasi aplikasi error 0xc0000005 Windows 7 adalah dengan memperbaiki file registry. Metode ini dapat diterapkan ketika kesalahan disebabkan oleh file registri yang rusak.

File registry itu sendiri adalah tempat penyimpanan pengaturan Windows, sehingga dapat sangat mempengaruhi kinerja Windows. Berikut cara memperbaiki file registry dengan sangat mudah:

Masuk ke menu Run, yang dapat diakses dengan menekan Windows + R.
Ketik regedit, klik HKEY_LOCAL_MACHINE.
Selanjutnya, buka Software > Microsoft > Windows NT, lalu pilih CurrentVersion, lalu > Windows > AppInit_Dlls.
Klik dua kali dan isi kolom data numerik dengan angka 0.
Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan dan restart laptop.

  1. Gunakan CMD untuk mengatasi aplikasi error 0xc0000005 Windows 7
    Menggunakan CMD untuk memperbaiki kesalahan ini sangat sederhana dan Anda dapat melakukannya sendiri. Metode ini dapat digunakan ketika kesalahan disebabkan oleh perangkat atau sistem yang rusak.

Caranya adalah dengan mengetikkan SFC /scannow pada command prompt. Setelah menekan Enter pada keyboard, kerusakan yang ada terdeteksi dan otomatis langsung diperbaiki.

  1. Matikan DEP
    DEP sendiri merupakan sistem default untuk melindungi Windows dari bug. Namun, DEP terkadang tidak kompatibel dengan program atau perangkat lunak tertentu. Ini akan menyebabkan program mengalami kesalahan saat membuka, yang ditandai sebagai Pemberitahuan Kesalahan Aplikasi 0xc0000005. Nah berikut ini cara mematikan DEP di Windows 7:

Buka dan jalankan Windows dalam mode administrator.
Buka menu Run, ketik cpl, dan tekan Enter.
Pilih Lanjutan, lalu buka Pengaturan di bawah Kinerja.
Kemudian, pilih Perlindungan Eksekusi Data, klik Aktifkan DEP untuk semua… untuk menerima yang saya pilih.
Selanjutnya, klik Add, masukkan program dengan akhiran .exe, dan klik OK.
Akhirnya, reboot.

  1. Instal ulang Windows 7
    Metode terakhir perlu diterapkan ketika kesalahan disebabkan oleh Windows yang rusak. Biasanya ini disebabkan oleh pengaturan yang buruk, yang memerlukan penginstalan ulang Windows. Pengaturan asli akan dipulihkan setelah menginstal ulang Windows 7. Namun, pastikan untuk melindungi file penting sebelum menginstal ulang agar tidak hilang.