Breaking News

Pak Malik membutuhkan banyak tenaga kerja. Bagaimana cara Pak Malik mengatasi masalah tersebut?

Pak Malik memiliki usaha sablon. Usahanya terus berkembang dengan banyaknya pesanan. Untuk memenuhi pesanan kaus sablon, Pak Malik membutuhkan banyak tenaga kerja. Bagaimana cara Pak Malik mengatasi masalah tersebut?

Masalah pokok dalam ekonomi modern ada 3 yaitu:

  1. Barang apa yang akan di produksi (What), masalah pokok ini berkaitan dengan ketatapan produsen untuk menentukan barang dan jasa yang akan di produksi termasuk dalam perhitungan seberapa banyak yang akan diproduksi.
  2. Bagaimana barang tersebut diproduksi (How), masalah ini berkaitan dengan bagaimana cara atau teknik untuk memproduksi barang secara efisien dan efektif.
  3. Untuk siapa barang tersebut diproduksi (For whom), masalah ini berkaitan dengan sasaran yang akan dituju atau pihak-pihak yang akan menikmati hasil produksi tersebut.

Berdasarkan soal tersebut, ditekankan bahwa untuk memenuhi pesanan kaus sablon, Pak Malik membutuhkan banyak tenaga kerja. Artinya, diharapkan dengan menambah jumlah tenaga kerja akan menambah produksi. Hal ini berkaitan dengan permasalahan bagaimana cara memproduksi barang? (How).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah masalah “bagaimana cara memproduksi barang? (How)”