Breaking News

Berdasarkan pernyataan tersebut, ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah

Pertumbuhan ekonomi dilihat dan diukur dengan membandingkan komponen yang dapat mewakili keadaan ekonomi suatu negara pada periode sebelumnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, ukuran pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah

a. adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

b. adanya peningkatan pemerataan pendapatan dan kemakmuran masyarakat

C. adanya peningkatan infrastruktur dan sumber daya masyarakat desa

d. adanya peningkatan investasi, pasar, serta perusahaan agar Produk Domestik Bruto bertambah

e. adanya kelengkapan sarana dan prasarana kesehatan agar angka harapan hidup masyarakat meningkat

Jawaban yang tepat adalah : d. adanya peningkatan investasi, pasar, serta perusahaan agar Produk Domestik Bruto bertambah

Pada dasarnya, pertumbuhan ekonomi akan dinilai menggunakan perbandingan pada komponen yang mampu mewakili keadaan ekonomi suatu negara terhadap periode atau tahun sebelumnya. Terdapat dua komponen yang bisa dimanfaatkan untuk menilai atau mengukur pertumbuhan ekonomi pada suatu negara, yaitu:

  1. Produk Nasional Bruto (Gross National Product)
    Produk Nasional Bruto yang sering disingkat menjadi PNB atau dalam bahasa Inggris nya adalah Gross National Product yang disingkat GNP, adalah pendapatan yang diperoleh negara dalam kurun waktu tertentu berdasarkan pendapatan yang diperoleh oleh masyarakatnya.
  2. Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)
    Cara perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP) tentu berbeda dengan PNB. Jika PNB menghitung berdasarkan penghasilan yang diperoleh oleh masyarakat dimanapun mereka berada, maka perhitungan PDB diukur dari pendapatan negara berdasarkan teritorialnya.