Breaking News

Berdasarkan bentuknya, sumber sejarah dapat dibagi menjadi tiga, yaitu lisan, tulisan, dan benda atau aftefak. Berikan penjelasan masing-masing sumber tersebut dan berikan contoh.

1) Sumber Lisan

Ini berupa sumber lisan didapat dari keterangan langsung para pelaku maupun saksi mata dari peristiwa sejarah. Sumber ini cukup sulit diperoleh karena pelaku atau saksi mata hanya bisa memberikan keterangan lisan ketika masih hidup saja.

Contohnya untuk mengetahui detail peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI, kita hanya dapat memperoleh sumber lisan dari orang yang menyaksikan langsung kejadian tersebut.

2) Sumber Tertulis

ini merupakan sumber yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis dan catatan terhadap peristiwa yang terjadi di masa lampau. Sumber tertulis tidak hanya dituangkan dalam media kertas, tapi juga pada batu.

Contoh dari sumber ini adalah prasasti. Lewat prasasti, kita mengetahui banyak kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia pada zaman dulu, seperti Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur dan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat.

3) Sumber Benda

Sumber benda diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan. Ini dikenal juga sebagai sumber korporal. Adapun contoh dari sumber ini adalah candi dan gerabah.

Hanya saja, sumber benda tidak secara eksplisit menjelaskan apa yang terjadi di masa lalu. Diperlukan ahli sejarah untuk meneliti, mengkaji, menganalisis, serta menafsirkan sumber benda.