Breaking News

Uraikan secara singkat peradaban awal masyarakat Indonesia dalam bidang pemerintahan, ekonomi sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi, kepercayaan, dan pertanian.

A. Ilmu Pengatuhan

Ketika kebutuhan hidup meningkat dan manusia tidak ingin terus-menerus hanya tergantung pada alam, manusia mulai memikirkan bagaimana caranya dapat menghasilkan makananya sendiri [food producing] dengan mengolah alam. Dari sinilah titik awal kemajuan dari akal pikiran manusia untuk mempertahankan hidupnya.

B. Teknologi

Perkembangan teknologi masyarakat Indonesia dimulai sejak massa bercocok tanam. Namun, teknologi masyarakat awal mencapai titik kemajuanya ketika masa perundaging (10.000 tahun silam). Pada masa itu, masyrakat awal Indonesia telah mengenal teknik pelemburan logam (teknik a cire perdue dan teknik bivalve) yang digunakan untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga dan peralatan pertanian.

C. Kepercayaan

Memasuki masa bercocok tanam, kepercayaan masyarakat mulai mengalami perkembangan. Pada masa ini, masyarakat meempunyai konsep tentang alam kehidupan setelah kematian. Mereka meyakini bahwa roh seseorang tidak lenyap ketika meninggal.

D. Pemerintahan

Adanya pemerintahan diperkirakan setelah manusia memilih untuk hidup menetap di suatu kelompok atau masyarakat. Kelompok masyarakat ini dipimpin oleh seorang kepala suku . Proses pemelihan kepala suku tersebut harus memiliki kelebihan-kelebihan dalam fisik, spritual, dan keahlian dibandingkan manusia lainya. Hubungan antar individu dalam masyarakat ini pun sangat erat dan pola kerja sama dengan hidup bergotong royong telah terjalin dengan baik.

E. Pertanian

Pada masa awal bercocok tanam, masyarakat awal Indonesia masih menggunakan sistem pertanian ladang [berpindah-pindah] atau huma. pelaksanaan sistem ini dilakukan dengan membuka hutan agar dapat ditanami. Apabila lahan yang mereka tanami sudah tidak produktif lagi, mereka akan berpindah lahan pertanian ke tempat lain.