Breaking News

Susunan litosfer dari dalam hingga kepermukaan bumi secara berurutan adalah

Susunan litosfer dari dalam hingga ke permukaan Bumi secara berurutan adalah..

  1. Inti dalam
  2. Inti luar
  3. Mantel Bumi
  4. Kerak Bumi

Pembahasan:

Litosfer atau lapisan batuan Bumi merupakan penyusun bumi bersama dengan lapisan air (hidrosfer) dan lapisan udara (atmosfer).  

Lapisan litosfer ini terdiri dari lapisan kerak bumi (bagian paling atas), mantel bumi (di bagian tengah) dan inti bumi (di bagian paling dalam).

Dari paling dalam hingga permukaan Bumi lapisan ini adalah:

1. Inti Dalam

Lapisan inti bumi (earth core) terletak dibawah selimut bumi dan memiliki ketebalan 3.500 km. Inti bumi terbagi menjadi inti luar (outer core) dan inti dalam (inner core).

Inti dalam (inner core) pada Bumi berdiameter 2.700 km dan suhu 6000 derajat celsius, serta tersusun atas besi dan nikel padat. Inti dalam berbentuk padat karena tekanan yang sangat besar pada bagian ini.

2. Inti Luar

Inti luar (outer core) terbuat dari campuran besi dan nikel yang cair karena suhu panas, dengan sedikit tambahan silikon dan oksigen. Inti luar memiliki ketebalan sekitar 2000 km dan suhu mencapai 3800 derajat celsius.

3. Mantel Bumi

Mantel bumi atau selimut bumi adalah lapisan di bawah kerak bumi yang memiliki ketebalan mencapai 2.900 km.  Pergerakan magma panas pada mantel bumi ini membentuk arus konveksi, yang menyebabkan pergerakan lempeng tektonik di atasnya pada kerak bumi.

4. Kerak Bumi

Kerak bumi (earth crust) adalah bagian yang berupa padatan yang tersusun dari bebatuan yang menyusun permukaan luar bumi. Kerak bumi memiliki dua bagian yaitu kerak samudera (oceanic crust) dengan ketebalan 5-10 km dan kerak benua (continental crust) sekitar 20-70 km. Penyusun kerak samudra adalah batuan basalt, sedangkan kerak benua tersusun dari granit, yang tidak sepadat batuan basalt.  

Pada kerak bumi terdapat lempeng tektonik (tectonic plate) yang pergerakannya menyebabkan pembentukan muka bumi seperti pegunungan dan gunung berapi.