Breaking News

Garis yang bersudut dapat menciptakan kesan

Garis yang bersudut, dapat menciptakan kesan

a. stabil

b. tenang

c. statis

d. tajam

Jawaban

Kesan yang diciptakan oleh garis bersudut adalah KESAN TAJAM (D). Garis adalah salah satu unsur dari seni rupa. Garis ini ada bermacam-macam di mana masing-masingnya mampu menciptakan kesan yang berbeda-benda.

Penjelasan

Setidaknya, unsur garis dibagi menjadi 6 jenis antara lain sebagai berikut:

  1. GARIS HORIZONTAL, yakni garis lurus mendatar. Kesan yang dimunculkan adalah statis, kaku, pasif, tenang, mantap, stabil dan sebagainya.
  2. GARIS VERTIKAL, yakni garis lurus yang tegak mengarah ke atas. Kesan yang dimunculkan adalah stabil, statis, kaku, kokoh, berdiri, tumbuh, tugu dan lain sebagainya.
  3. GARIS DIAGONAL, yakni garis lurus yang miring baik itu ke kanan atau ke kiri. Garis diagonal mampu memunculkan kesan tidak seimbang, goyah, lari, doyong, gesit, lincah, dinamis dan lain sebagainya.
  4. GARIS ZIGZAG, yakni garis yang lurus namun patah kea rah lain dan menciptakan SUDUT. Kesan yang dimunculkan adalah tajam, runcing, bahaya, petir, retak, letusan, mengerikan, gairah, semangat dan lain sebagainya.
  5. GARIS LENGKUNG, adalah garis yang melengkung. Kesan yang dimunculkan adalah dinamis, kuat, megah, ringan dan lain sebagainya.
  6. GARIS LENGKUNG S, adalah garis melengkung berkali-kali (bersambung) sehingga membentuk karakter huruf S. Kesan yang dimunculkan antara lain luwes, teduh, memunculkan kesan air, indah, dinamis dan lain sebagainya.