Breaking News
Kompor Gas Quantum vs Rinnai Bagus mana

Kompor Gas Quantum vs Rinnai Bagus mana

Kompor Gas Quantum vs Rinnai telah menjadi dua merek kompor yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pasalnya, kompor tidak bisa lepas dari kebiasaan memasak untuk kebutuhan sehari-hari. Karena dipakai hampir setiap hari, tentunya kita membutuhkan kompor yang berkualitas dong! Nah, dari sekian banyak merek kompor, Quantum dan Rinnai bisa jadi alternatif.

Lagi pula, mana yang lebih baik? Mari kita bandingkan kompor gas quantum vs rinnai!Kompor sudah menjadi salah satu perabot dapur terpenting di rumah. Sebagai merek yang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia.

Tentunya pihak produsen juga menjamin kualitasnya, sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh seluruh konsumen. Lagi pula, di antara kedua merek ini, mana yang harus kita beli? Jadi jangan bingung kali ini 99.co Indonesia akan membantu Anda membandingkan kompor gas Quantum dan Rinnai.

Kekurangan dan Kelebihan Kompor Gas Quantum

·         Pemakaian Gas Lebih Efisien

Manfaat pertama kompor gas Quantum adalah penggunaan gas yang dikatakan lebih hemat. Bahkan tingkat efisiensinya diklaim mencapai 60%. Salah satu indikatornya adalah intensitas nyala api biru yang konstan saat kompor dinyalakan. Dengan intensitas api yang konstan, energi gas yang digunakan tidak terbuang percuma.

·         Menggunakan Teknologi Terbaru

Intensitas kebakaran yang konstan dapat terjadi karena kompor ini menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi MIT. Kemudian beberapa model Quantum cooker juga dilengkapi dengan fungsi sleep timer yang akan memudahkan Anda ketika harus memasak dalam jangka waktu tertentu.

·         Mampu Menahan Beban

Kompor kuantum juga dirancang untuk menahan beban berat hingga 70 kg. Tentunya hal ini memudahkan bagi yang menjalankan usaha rumahan seperti dim sum, bakso, tahu, bacon dan lainnya. Pasalnya, Anda bisa memasak dalam jumlah banyak tanpa khawatir kompor akan pecah.

·         Harga Lebih Mahal

Melansir Tribun-Timur.com Diketahui model kompor Quantum yang dibutuhkan pembeli adalah Quantum 201 DMP-G dan Quantum 202 EMP B. Kedua model ini lebih mahal dari merek lain. Harga yang lebih mahal ini disebabkan karena kompor Quantum dilengkapi dengan timer dan teknologi terkini.

·         Timer Hanya Pengingat

Adanya fungsi sleep timer tentunya menjadi salah satu faktor yang membuat harga kompor ini semakin mahal. Namun dari segi fungsi, timer ini hanya digunakan sebagai pengingat saja, bukan sebagai alat untuk mematikan kompor secara otomatis.

Baca juga : 7 Rekomendasi Kompor Gas 2 Tungku Murah Berkualitas

Keunggulan Kompor Gas Rinnai

·         Dibuat Menggunakan Teknologi dari Jepang

Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas kompor Rinnai karena kompor tersebut telah memenuhi standar industri Jepang atau Japanese industry standard (JIS) dan standar nasional Indonesia ( SNI). Seperti diketahui, teknologi dari Jepang dalam industri peralatan rumah tangga sangat maju.

·         Tahan Lama

Bagi yang tidak ingin sering mengganti kompor, Rinnai adalah pilihan terbaik. Karena Rinnai terbukti awet dan tahan lama.

·         Rentan Karat

Dibandingkan dengan kompor Quantum, kompor Rinnai dikatakan lebih mudah berkarat. Jika berkarat, pasti akan mengurangi kemudahan memasak kita.

·         Tidak ada Sleep Timer

Tidak seperti kompor Quantum yang dilengkapi dengan fungsi pengatur waktu, kompor Rinnai tidak dilengkapi dengan fungsi ini. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan timer kita sendiri untuk menghitung waktu memasak.

Baca juga : Kompor Gas Ariston vs Modena Mana Yang Lebih baik

Bagaimana Perkembangan Kompor Gas di Indonesia

  • Kompor Gas Pertama

Kompor gas pertama kali ditemukan pada awal tahun 1820-an, namun pada saat itu hanya merupakan eksperimen rahasia sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya. Akhirnya, pada tahun 1826, penemu Inggris James Sharp mematenkan penemuannya, kompor gas. Ia kemudian membuka pabrik kompor gas pada tahun 1836.

Kompor gas pertama tidak dapat dinyalakan tanpa bantuan api. Maka saat itu, sang ibu selalu menyimpan korek api dalam jumlah banyak, karena tanpa crane, kompor tidak bisa dibuka dan digunakan untuk memasak. Dan masalah lainnya adalah jika Anda lupa mencolokkan gas dan mematikannya. Gas dapat mengisi ruangan sehingga cahaya dari elektronik yang menyala akan berkurang.

Untuk mengatasi masalah emisi, produsen kompor telah menambahkan katup pengaman. Katup pengaman ini digunakan sampai zaman modern. Katup pengaman dipasang di mulut tabung gas dan dihubungkan ke kompor dengan pipa khusus untuk memastikan tidak ada gas yang keluar.

  • Perkembangan Kompor Gas

Tentu saja kompor gas yang pertama masih banyak kekurangannya, dan bisa dibilang terlalu besar untuk diletakkan di dapur. Pada tahun 1910, produsen mulai menjual kompor gas yang lebih kecil dan lebih mudah dibersihkan. Kemudian pada tahun 1922, peraih Nobel Swedia Gustaf Dalen menciptakan AGA Cooker. Kompor AGA merupakan kompor gas modern pertama pada tahun itu.

Seiring dengan perkembangan zaman, kompor gas yang diciptakan mulai menyesuaikan dengan fungsi/fungsi tambahan untuk mempermudah proses memasak. Tidak hanya tampilan dan nuansa kompor gas yang berubah, kini banyak orang berlomba-lomba membuat kompor dengan sumber energi lain. Yang pasti, kedepannya memasak akan lebih mudah. Terima kasih telah membaca artikel bertema Elektronik mengenai Kompor Gas Quantum vs Rinnai semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Pencarian berdasarkan kata kunci https://beritaharianku com/1646/kompor-gas-quantum-vs-rinnai html