Breaking News
bagian bagian rice cooker dan fungsinya

Bagian Bagian Rice Cooker dan Fungsinya

Beritaharianku.com – Bagian Bagian Rice Cooker dan Fungsinya, setelah ditemukannya penanak nasi otomatis terbaru, proses memasak nasi bisa lebih mudah, praktis dan efisien. Kamu cukup memasukkan beras dan air ke dalam rice cooker dan menyalakan tombol on untuk memasak nasi dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan teknik memasak manual atau tradisional.

Tentu saja rice cooker tidak hanya terdiri dari satu bagian saja, tetapi juga Bagian – Bagian Rice Cooker dan Fungsinya. Ada baiknya mengetahui komponen – komponen rice cooker terlebih dahulu agar dapat berjalan dengan baik.

Bagian – Bagian Rice Cooker dan Fungsinya

Penanak nasi bisa dibilang merupakan penanak nasi pertama yang ditemukan. Alat elektronik ini hanya memasak nasi. Sesuai fungsinya, rice cooker hanya memiliki fungsi memasak. Umumnya, penanak nasi terdiri dari sumber panas, panci masak, dan termostat.

Thermostat sendiri merupakan termometer yang dapat mengontrol panas agar nasi dapat matang dengan sempurna. Menggunakan listrik, penanak nasi mengotomatiskan proses memasak dengan mengontrol panas dan waktu. Penanak nasi membutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk memasak nasi.

Apa Saja Bagian – bagian Rice Cooker dan Fungsinya?

Ada dua jenis penanak nasi elektronik yang mudah ditemukan di Indonesia: penanak nasi yang menggunakan lapisan teflon (biasanya terbuat dari aluminium) dan penanak nasi yang menggunakan stainless steel. Bagian – bagian rice cooker dan fungsinya adalah sebagai berikut:

Beli rice cooker disini dapat potongan harga dan juga gratis ongkir

1.     Pelepasan uap

Emisi uap adalah bagian dari penanak nasi yang mengeluarkan uap dari masakan di dalam panci. Dalam proses memasak nasi, air dicampur dengan nasi. Proses memasak bisa dilakukan hingga mencapai 100 °C. Pada suhu tersebut, air berubah menjadi uap, sebagian diserap oleh beras, dan sebagian lagi menjadi uap.

2.     Katup apung

Float valve merupakan bagian dari rice cooker yang memiliki kemampuan untuk mengatur buka tutupnya pelepasan uap. Saat memasak, yang terbaik adalah membiarkan katup ini terbuka untuk mengeluarkan uap.

3.     Penutupan sirip

Penutup sirip adalah bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai penutup kunci tengah di kiri dan kanan. Tidak ada kait pada sirip tutupnya.

4.     Panci bagian dalam

Panci bagian dalam digunakan sebagai wadah memasak, campur beras dan air di panci bagian dalam sesuai takarannya.

5.     Elemen pemanas

Elemen pemanas merupakan bagian penting dari rice cooker. Bagian inilah yang membantu menyuplai energi panas ke panci bagian dalam, sehingga proses memasak berlangsung. Elemen pemanas rice cooker biasanya ada di bagian bawah.

6.     Panci eksterior

Berbeda dengan panci bagian dalam, panci bagian luar bertindak sebagai penerima panas dari elemen pemanas, yang dikirim ke panci bagian dalam melalui proses konduksi.

7.     Slot sirip

Slot sirip adalah bagian dari rice cooker untuk perumahan atau lubang duri. Slot sirip penutup terintegrasi ke dalam pegangan kompor.

8.     Rumah kompor

Penanak nasi adalah bagian dari penanak nasi yang digunakan untuk memanaskan, Ini adalah tempat untuk menghubungkan bagian lain seperti panci luar dan panci dalam. Kompor biasanya merupakan isolator tahan panas yang terbuat dari plastik atau polimer.

9.     Lubang sendok

Lubang sendok merupakan bagian dari rice cooker dan berfungsi sebagai tempat menyimpan sendok dan sendok takar.

10.  Basis dan unit pemanas

Basis dan unit pemanas adalah bagian bawah kompor dan rumah elemen pemanas.

11.  Panel kontrol

Panel kontrol merupakan bagian dari rice cooker dan memiliki tampilan yang menunjukkan suhu memasak nasi, lampu indikator antara memasak dan memanaskan, dan tombol yang mengatur kondisi Kamuan rice cooker sebagai penghangat atau menanak nasi.

12.  Kotak kontrol

Kotak kontrol adalah bagian dari kompor sebagai rumah dari panel kontrol.

13.  Tanda posisi penutupan

Tanda posisi tutup adalah bagian dari penanak nasi dan berfungsi sebagai penanda untuk menunjukkan apakah tutupnya tertutup atau terbuka.

14.  Tutup rice cooker

Bagian dari rice cooker yang berfungsi sebagai penutup panci bagian dalam yang bertujuan untuk lebih menyerap panas dan menghindari melepaskannya ke udara.

15.  Tutup pegangan

Gagang tutup merupakan bagian dari penanak nasi dan berfungsi sebagai pegangan saat tutup dibuka dan ditutup.

16.  Kabel listrik

Kabel listrik merupakan bagian penting dari rice cooker karena berfungsi sebagai sumber listrik untuk rice cooker.

17.  Akumulasi kondensasi.

Kolektor kondensasi adalah bagian dari penanak nasi yang mencegah uap susu bocor ke sekam padi. Bagian ini biasanya terletak di belakang badan rice cooker.

Sebelum munculnya teknologi, orang dahulu menanak nasi dengan diron (nasi setengah matang) dan ditaruh di panci atau wajan di atas kompor. Sebuah penemuan diciptakan dengan membuat rice cooker karena resep lama dianggap terlalu ribet. Itulah ulasan bagian – bagian rice cooker dan fungsinya secara umum.