4 penyebab pure it bocor dan cara mengatasinya

4 Penyebab Pure It Bocor dan Cara Mengatai Nya

Beritaharianku.com – Inilah Penyebab Pure It Bocor yang Jarang Dipahami, Pure it merupakan perabotan rumah tangga yang dirancang khusus dengan bahan anti bocor dan aman agar dapat menyediakan air bersih yang bebas dari kuman. Walaupun terbuat dari bahan yang terbilang awet, ternyata pure it juga rentan mengalami kebocoran. Faktor penyebab pure it bocor ini di antaranya sebagai berikut.

Pure it Tetap Digunakan Saat Germkill Indicator Sudah Menunjukkan Warna Merah

Pure it germkill indikator memiliki tiga bagian utama, yaitu penjernih, prosesor untuk membunuh kuman serta filter karbon aktif. Penggunaan pure it germkill sebenarnya memiliki batas waktu pemakaian. Saat pure it germkill sudah melebihi batas pemakaian, maka harus segera diganti dengan yang baru.

Jika lampu indikator pada body pure it sudah berubah menjadi warna merah penuh, sebaiknya pemakaian pure it harus dihentikan sementara waktu. Hal tersebut terkadang dianggap remeh oleh banyak orang dan memilih untuk tetap menggunakannya.

Perlu Anda ketahui, saat germkill pure it sudah tidak berfungsi dengan baik, maka air didalamnya tidak mengalami proses penyaringan. Akibatnya, air di dalam pure it cenderung kotor dan menyebabkan banyak timbul kuman serta kandungan karbon aktif.

Kandungan kuman serta karbon aktif tersebut semakin lama akan menyebabkan wadah air mudah berkarat dan tipis. Selain air tidak sehat untuk dikonsumsi, kondisi demikian akan membuat pure it mudah mengalami kebocoran karena wadah air yang sudah tipis tidak kuat untuk menampung air. .

Pure It Diletakkan Di Dekat Sumber Panas

Pure it yang diletakkan di dekat alat atau bahan penghasil panas seperti kompor, televisi, dan kulkas, ini akan menyebabkan terjadinya pemuaian pada komponen alat tersebut. Dalam jangka waktu lama, komponen pure it semakin tipis dan dapat menyebabkan terjadinya kebocoran.

Oleh sebab itu, cara yang perlu dilakukan agar pure it awet dan tahan lama, sebaiknya letakkan pure it pada tempat yang teduh kemudian beri penutup berupa kain bersih di atasnya. Jauhkan pure it dari alat yang mudah panas dan pastikan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Memasukkan Air Panas Ke dalam Pure It

Penyebab pure it bocor dapat juga diakibatkan karena memasukkan air panas ke dalam tabung air. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi panas dapat menyebabkan komponen mengalami pemuaian. Tidak hanya itu, air panas akan membuat komponen pure it yang berasal dari plastik mudah meleleh.

Perlakuan dalam waktu lama akan mempengaruhi komponen pure it semakin menipis dan mengalami kebocoran. Selain itu, air panas juga akan menghabiskan masa pemakaian germkill sebelum waktunya. Oleh sebab itu, sebaiknya tunggu air menjadi suhu ruangan, baru setelah itu masukkan ke dalam pure it. 

Memasukkan Bahan Kimia Ke dalam Pure It

Pure it hanya bisa digunakan untuk melakukan penyaringan pada air minum yang biasa dikonsumsi setiap harinya. Namun, apa jadinya kalau air putih tersebut tercampur dengan bahan kimia? Tentunya kondisi tersebut akan memicu terjadinya kebocoran pada pure it.

Bahan kimia seperti mangan, karbon dan zat besi akan menyebabkan wadah air mengalami pengikisan. Kondisi demikian yang berlangsung lama, selain akan menyebabkan air putih tidak sehat, komponen pure it juga akan menjadi mudah berkarat dan tidak awet.

Menambah Air Pada Wadah Bagian Atas, Saat Wadah Transparan Masih Penuh

Menambahkan air pada wadah bagian atas saat wadah transparan masih terisi penuh, juga bisa menjadi penyebab pure it bocor. Mengapa demikian? Karena kondisi tersebut menyebabkan air pada wadah transparan meluap melebihi kapasitas. Hal tersebut dapat menyebabkan pure it pecah dan bocor.