Breaking News
cara mengatasi hp yg tidak bisa di cas

Cara Mengatasi HP yg Tidak Bisa di Cas Baterai Tanam

Masalah yang sering terjadi pada smartphone Android dengan baterai built-in adalah sulit untuk memperbaikinya, yang agak merepotkan karena tidak dapat diisi menggunakan pengisi daya, dan harus menggunakan pengisi daya desktop untuk mengisi daya smartphone.

Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai
Kerusakan hardware yang sering terjadi pada ponsel adalah baterai. Pada kerusakan baterai ponsel, seperti baterai boros, tidak dapat diisi, tidak dapat terisi penuh saat pengisian, atau bahkan mati total.
Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai
Baterai yang dalam kondisi buruk juga terkadang gagal mengisi daya dalam keadaan mati. Tentu akan sangat merepotkan jika suatu saat baterai HP kita drop karena habis.

Meski begitu, Anda harus tahu terlebih dahulu dimana masalahnya, apakah baterai benar-benar tidak terisi sama sekali, atau apakah baterai bisa terisi tapi lambat. Karena itu, Anda tidak boleh langsung mengambil keputusan bahwa baterai ponsel Anda rusak.

Agar dapat mengisi ulang dengan charger, Anda harus terlebih dahulu menggunakan bantuan charger desktop. Berikut cara memperbaiki ponsel Anda tidak dapat diisi dengan baterai yang ditanam.

  1. Ganti pengisi daya
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Ini sebenarnya biasanya karena unit kabel sangat rentan terhadap kerusakan, dan karena Anda mungkin sering menggulung kabel pengisi daya, mungkin ada bagian kabel yang putus di dalamnya. Di iPhone, kabel yang rusak juga menjadi alasan mengapa iPhone tidak mau mengisi daya.

  1. Periksa adaptor pengisi daya
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Jika Anda sering menggunakan pengisi daya yang bukan pengisi daya bawaan asli untuk ponsel cerdas Anda, Anda pasti pernah mengalami kejadian di mana baterai Anda tidak dapat diisi. Untuk mengatasi ketidakmampuan mengisi daya HP dengan baterai yang ditanamkan, coba gunakan adaptor charger bawaan smartphone. Jika tidak berhasil, coba ganti adaptor charger smartphone Anda dengan amp baru atau lebih besar.

  1. Lakukan kalibrasi baterai HP
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Jika ponsel restart, tetapi baterai benar-benar menjadi lebih besar setelah restart? Artinya pengukur baterai pada smartphone mengalami kesalahan. Untuk mengatasi masalah ini, kalibrasi baterai dengan menginstal aplikasi kalibrasi.

Dengan mengkalibrasi baterai, Anda akan merangsang baterai untuk kembali ke keadaan semula. Ini juga dapat digunakan untuk mengatur ulang meteran baterai ponsel cerdas yang rusak.

  1. Merusak catu daya IC
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Proses charging pada smartphone Android pada dasarnya dilakukan di dalam IC power module. Nah, jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan dan masih belum berhasil mengatasi masalah ponsel mati dan tidak terisi daya.

Ini mungkin karena IC power supply atau IC charger di smartphone Android Anda rusak. Peristiwa ini sering terlihat di ponsel Asus, Xiaomi, Realme dan Samsung.

Berikut ciri-ciri hp android rusak pada IC Power :

Ponsel hanya dapat dihidupkan jika terhubung ke pengisi daya. Setelah pengisi daya dilepas, ponsel akan langsung mati.
HP hanya bisa di charge saat mati, tidak bisa hidup sama sekali.
HP sering mati sendiri dan lampu baterai turun drastis.
Tegangan pada IC daya tidak berfungsi dengan baik.
Sinyal ponsel Android hilang.

  1. Gunakan pengisi daya amp yang lebih tinggi
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Atasi masalah ponsel Anda tidak mengisi daya dengan baterai yang ditanam berikutnya, yang mencoba menggunakan pengisi daya dengan kapasitas arus yang lebih besar dari sebelumnya.

Jika Anda ingin mencari charger dengan kapasitas amp yang besar, Anda bisa menggunakan charger dengan fungsi fast charging, yang juga bisa dengan cepat mengisi daya ponsel Android.

  1. Mulai ulang ponsel Android Anda
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Langkah yang bisa Anda coba adalah me-restart smartphone Anda. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi ketidakmampuan baterai yang ditanamkan untuk mengisi daya HP dan untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin smartphone Android Anda tidak akan terisi daya akibat cache yang menumpuk di RAM.

  1. Periksa port USB
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Pengisi daya yang tidak terhubung dengan benar antara permukaan logam port USB dan pengisi daya micro USB juga dapat menyebabkan baterai ponsel Android tidak dapat diisi. Itu karena kami terus-menerus mencabut – mencolokkan kabel pengisi daya ponsel Android yang kami miliki.

Jadi, untuk memperbaiki telepon yang tidak mengisi daya dengan baterai yang terpasang, Anda harus membawa telepon ke bengkel telepon untuk memperbaiki masalahnya, atau Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Jika ponsel cerdas Android Anda memiliki jenis baterai yang tidak dapat dilepas, keluarkan baterai dan gunakan alat kecil (seperti tusuk gigi) untuk menjangkau tab kecil di dalam port USB ponsel. Lakukan dengan sangat perlahan dan hati-hati, lalu pasang kembali baterai dan coba uji pengisi daya.

  1. Turunkan versi sistem operasi
    Mengatasi ketidakmampuan HP untuk menyematkan baterai

Cara ini sangat disarankan jika Anda tidak dapat menggunakan baterai bawaan untuk mengisi daya ponsel Anda karena ketidaksesuaian fitur ponsel dengan sistem operasi Android yang terpasang di ponsel cerdas yang Anda miliki. Namun, menurunkan versi sistem operasi Android dapat memengaruhi kinerja ponsel Android Anda.