Breaking News
cara menyambung jack xlr ke rca

Cara Menyambung Jack XLR ke RCA

Bagi yang bingung cara menyambungkan colokan XLR ke RCA, atau ingin tahu semua tentang pemasangan kabel XLR dan RCA, dan apa fungsi dari colokan XLR? Mengapa mikrofon harus terhubung ke jack XLR?

Bagaimana menghubungkan jack XLR ke RCA
Sebelum menyelami cara menghubungkan jack XLR ke RCA, ada baiknya untuk membahas berbagai komponen yang diperlukan untuk menghubungkan jack XLR ke RCA

Apa itu kabel RCA

Saat membongkar elektronik, Anda pasti pernah melihat adanya kabel dengan beberapa warna berbeda. Perbedaan warna kabel mengacu pada perbedaan fungsi masing-masing kabel. Hal yang sama berlaku untuk kabel RCA.

Kabel RCA yang dimasukkan secara tidak benar akan mencegah perangkat elektronik bekerja pada kemampuan dan kegunaan maksimumnya. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara menghubungkan jack XLR ke RCA atau cara menghubungkan kabel RCA.

Masih tidak mengerti yang mana kabel RCA? Jika Anda pernah mencoba membuat sambungan antara TV dan pemutar VCD, Anda akan melihat kabel dengan tiga colokan, bukan? Ini adalah kabel RCA.
Kabel RCA adalah kabel audio. Selain itu, ada kabel stun dan kabel speaker yang juga masuk dalam kategori kabel audio.

Fungsi kabel RCA

Fungsi utama dari kabel RCA ini adalah untuk mengirimkan sinyal berupa gambar dan suara. Kabel RCA ini biasa digunakan di berbagai perangkat elektronik seperti VCD atau DVD, TV, CCTV, dll.

Meskipun memiliki fungsi penting dalam mendukung sistem audio dan video, kabel RCA tidak boleh ditempatkan di dekat arus tinggi karena dapat mengganggu hasil audio-video.

Ciri Ciri kabel RCA

Untuk memudahkan identifikasi, karakteristik kabel RCA akan dijelaskan di bawah ini.

Kabel RCA memiliki tiga kabel dan tiga ujung kabel.
Setiap kabel memiliki warna yang berbeda.
Setiap kabel memiliki fungsinya masing-masing.
Kabel RCA kuning digunakan untuk mengirim sinyal video ke tujuan.
Kabel RCA merah dan putih digunakan sebagai pemancar sinyal suara dalam mode stereo, kanan dan kiri. Kedua kabel harus dicolokkan, jika tidak, Mode Stereo tidak akan aktif.
Memahami Kabel Jack
Setelah kita mengetahui tentang kabel RCA, mari kita lihat ciri-ciri kabel Jack, agar kita dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara memasang jack xlr, cara menyambungkan jack stereo ke mono atau cara memasang jack stereo, dan cara menyolder audio kabel jack.

Kabel jack adalah kabel konektor yang digunakan untuk menghubungkan headphone atau headphone ke perangkat yang menghasilkan audio, seperti pemutar audio, ponsel, komputer PC, atau laptop.

Kabel jack juga dapat digunakan untuk menghubungkan alat musik elektronik yang menerima input audio dari mikrofon seperti amplifier.

Pelajari tentang colokan XLR
Jack XLR adalah konektor di dalam mikrofon yang digunakan untuk menghubungkan mikrofon ke mixer atau perangkat lain. Ada dua jenis konektor di XLR, pria dan wanita.

Sangat mudah untuk membedakan konektor mana yang laki-laki dan perempuan.

Jika ada sepotong besi yang ramping, sama dengan tiga potong, maka itulah konektor laki-lakinya. Sedangkan konektor female akan memiliki jumlah lubang yang sama yaitu 3 lubang yang masing-masing digunakan sebagai pasangan.

Konektor jack XLR sering disebut input seimbang karena merupakan penghubung antara mikrofon dan mixer. Keuntungan menggunakan mikrofon dengan kabel XLR adalah menghasilkan suara yang lebih jernih dengan noise yang minimal.

Cara Menghubungkan Kabel XLR Seimbang ke RCA
Ada beberapa langkah dalam proses cara menghubungkan jack XLR ke RCA.

Misalnya mengenai cara menyambungkan jack Akai ke jack Canon, ada beberapa perangkat audio yang tidak kompatibel dengan konektor balanced microphone ini. Demikian juga cara menyambungkan jack XLR ke Akai mono atau jack XLR ke Akai.

Untuk memudahkan pemahaman, perhatikan bagaimana jack XLR terhubung ke RCA sebagai berikut:

  1. Peletakan lantai
    Untuk mempelajari cara menghubungkan jack XLR ke RCA, ingat nomor seri pada setiap jack dan soket. Urutannya adalah nomor 1 untuk ground, nomor 2 untuk sinyal dan nomor 3 untuk kembali.

Untuk komponen mono, pin 1 ground harus terhubung ke pin 3 sebagai gantinya. Sedangkan pada komponen stereo, setiap pin dihubungkan ke 3 kabel secara bergantian, yaitu pin 1 = ground, pin 2 = sinyal input A, dan pin 3 = sinyal input B.

  1. Potong konektornya
    Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memotong konektor dari kabel dan kemudian melepaskan kabelnya.

Berhati-hatilah saat melakukan proses pengupasan kabel ini. Selalu gunakan pisau untuk mengupas dengan baik. Mengupas dengan kuku sangat tidak disarankan, selain berbahaya hasilnya akan sangat tidak rapi.

Konektor di pasaran biasanya memiliki tiga atau empat kabel dengan warna berbeda. Jika ada tiga kabel, maka ada juga 3 warna, merah, hijau atau biru.

Sedangkan jika empat kabel, maka mungkin ada dua kabel telanjang dengan hanya pelapisan tembaga. Untuk alasnya, pilih kabel berlapis tembaga dengan warna merah di tengah dan hijau atau biru di kiri.

  1. Instalasi
    Setelah semuanya terpasang, sampailah pada tahap akhir, yaitu memasang atau menghubungkan dari jack XLR ke RCA.

Langkah pertama dalam proses instalasi adalah memasukkan konektor ke dalam kabel RCA yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian bungkus kabel yang sesuai di sekitar setiap bagian konektor.

Kemudian disekrup agar sambungan terlihat rapi dan tidak selip.

Pencarian berdasarkan kata kunci cara pasang jack xlr ke rca